PERSEDIAAN BARANG DAGANG

Inventory atau persediaan barang dagang bisa didefinisikan sebagai aset perusahaan yang sengaja dibeli dan dimpan, kemudian dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Dilihat dari jenis operasional perusahaan, tidak hanya barang yang telah diproduksi atau siap jual yang dikategorikan sebagai persediaan. Inventory ini juga mencakup barang yang sedang dalam proses produksi atau dalam proses penyelesaian. Termasuk juga di antaranya bahan baku serta perlengkapan yang akan digunakan dalam proses produksi tersebut. Persediaan barang atau sering disebut stok barang memiliki posisi yang sangat penting diperusahaan. Oleh karena itu selalu dilakukan pengecekan secara berkala melalui stok opname. Pada artikel Cara Mengatasi Selisih Stok Dengan Accurate akan dibahas penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut. Berikut ini pembahasannya.

PENYEBAB SELISIH STOK

Persediaan barang dagang adalah asset bagi perusahaan yang harus dikelola dengan baik untuk kontrol persediaannya. Karena jika diremehkan akan sangat mempengaruhi kinerja perusahaan karena pengaruhnya ke laporan keuangan perusahaan. Persediaan sendiri terintegrasi dengan pembelian penerimaan barang, penjualan dan produksi untuk pengeluaran barang. Berikut ini penyebab-penyebab stok menjadi selisih antara lain :

  1. Kurangnya Pengecekan Fisik. Pengecekan fisik secara berkala harus tetap dijalankan secara rutin. Pengecekan disini kaitannya dengan stok yang rusak, menyusut, atau adanya barang yang sudah tidak layak dijual.
  2. Pengelolaan stok manual. Masih banyak para pelaku bisnis yang masih mengandalkan pencatatan secara manual sehingga menjadi riskan akan terjadinya kekeliruan, misalkan dari human error salah mencatat atau akibat kelelahan.
  3. Penerimaan atau pengiriman barang. Pencatatan adanya barang masuk dari supplier atau bahkan pengiriman barang ke pelanggan yang tidak tercatat dengan benar, pencatatan yang tertunda karena ulah operator.
  4. Stok opname yang salah. Stok opname dilakukan untuk mengecek fisik dan catatan akan persediaan yang ada. Pelaksanaan stok opname yang salah mengakibatkan selisihnya stok.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Accurate punya jawabannya.

KONTROL STOK SECARA PROGRAM

Accurate Accounting Software merupakan aplikasi yang dapat membantu dalam kontrol stok secara program. Karena persediaan di accurate sudah terintegrasi dengan semua modul yang ada, mulai dari pembelian penerimaan barang, penjualan pengiriman barang, adjusment persediaan karena selisih stok atau juga bisa dari proses produksi. Accurate memiliki laporan stok yang up-to-date dan dapat dicek setiap saat. Accurate juga mempunyai fitur multi Gudang dan fitur mengunci agar stok tidak menjadi minus (kurang dari 0), serta mempunyai modul khusus untuk melakukan penyesuaian stok jika dibutuhkan penyesuaian stok. Sekian artikel mengenai Cara Mengatasi Selisih Stok Dengan Accurate.

Kami adalah ACIS Indonesia, konsultan penjualan resmi untuk ACCURATE Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapn, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan