Hallo Sobat ACIS, hari ini saya akan memberikan tutorial Cara Rekonsiliasi Bank (Bank Reconcile) pada Accurate 5.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Rekonsiliasi Bank (Bank Reconcile) di Accurate.

  1. Dari Activitas | Cash/Bank | Bank Reconcile
  2. Pilih Bank yang akan di rekonsiliasi
  3. Set tanggal Reconcile Date. Tgl rekonsiliasi identik dengan saldo Rekening Koran yang sedang kita mau rekonsiliasi dengan pencatatan kita di Accurate. Misal yang sedang dipegang adalah Rek Koran per 31 Mei 2020, maka isi rekonsliasi date dengan tgl tsb.
  4. Isi field New Statement Balance. Diisi dengan Saldo Rek Koran per tgl ReconcileDate(poin3 diatas).
  5. Centang kolom Clear yang ada disetiap baris transaksi bank tsb jika transaksi tsb sudah sesuai dengan rek koran.

Catatan :

  • Calculate Statement Balance  adalah saldo akumulatif dari semua transaksi yang sudah kita Clear dari awal sd rekonsiliasi sekarang ini atas Bank bersangkutan.
  • Jika ditemukan ada Clear yang warna Merah di baris transaksi tertentu, ini karena transaksi tsb sudah di rekonsiliasi di tgl Reconcile Date didepan tanggal Reconcile Date yang sedang kita kerjakan. Misal sekarang sedang rekoncile tgl 31 mei, namun per 1 Juni kita sudah rekonsiliasi dan clear transaksi tsb.
  • Jika ditemukan transaksi yang ada di Rekening Koran dan di Accurate belum ada, silakan diinput di Accurate dari form transaksi biasanya transksi tsb diinput.
  • Jika sebalikannya, jika diperlukan adjustment silakan buat adjustment, atau barangkali revisi transaksi di Accurate, tgl nya barangkali dll.
  • Jadi pada dasarnya rekonsiliasi disini tidak pengaruh ke Laporan Keuangan, hanya tools untuk membantu kita bisa samakan dengan rek koran.

Ikuti Langkah-langkah di atas untuk Rekonsiliasi Bank (Bank Reconcile) agar mendapatkan manfaat dari fitur tersebut, semoga tips and trik dapat membantu para pengguna Accurate dan untuk yang belum menggunakannya semoga ini dapat menjadi referensi untuk membantu mempermudah pembukuan anda. SELAMAT MENCOBA!

 

Untuk pertanyaan atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via Email info@acisindonesia.com atau Telepon ke (021) 29018652 

 

Kami adalah ACIS Indonesia, konsultan penjualan resmi untuk  Accurate Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapn, Manado, Makasar sd. Jayapura. Kami siap melayani terkait Software Akuntansi Untuk Perusahaan anda. klik disini

pelatihan accurate

 

Tinggalkan Balasan