Komisi adalah bentuk imbalan untuk atas layanan yang diberikan atau produk yang dijual oleh penjual (sales). Komisi adalah sebuah cara untuk memotivasi dan memberi penghargaan kepada penjual untuk mendorong penjualan tertentu. Pembayaran komisi dihitung dengan menggunakan persentase dari pendapatan, atau juga berdasarkan laba atau bonus. Komisi memungkinkan penjual untuk dibayar berdasarkan produk atau layanan yang dijual, bukan berdasarkan upaya penjualan atau jam kerja. Pada artikel Laporan Komisi Salesman di Accurate akan dibahas Laporan Komisi yang ada pada Accurate Accounting Software 5.

Laporan Komisi Salesman di Accurate merupakan laporan komisi atas penjualan yang dilakukan oleh penjual dan telah dilunasi oleh customer tersebut. Laporan Komisi yang terdapat di antara lain :

  1. Komisi Penjual per Faktur
  2. Komisi Penjual per Faktur per Barang
  3. Komisi Penjual per Periode
  4. Komisi Penjual per Periode per Barang
  5. Grafik Prestasi Penjual

Perhitungan komisi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan dapat diatur per masing-masing penjual. Pengaturan komisi dapat diatur berdasarkan nilai faktur, laba kotor, kuantitas penjualan barang, dan komisi yang diberikan dapat di atur dengan persentase ataupun dengan nilai yang tetap.

Berikut ini contoh penginputan dan perhitungan komisi yang dimasukan ke Accurate sampai ke laporan komisinya.

1. Langkah pertama, tambahkan dulu perhitungan komisi pada menu Batasan Komisi yang dapat dibuat di Menu Daftar – Daftar Lain – Batasan Komisi – Baru.

Laporan Komisi Salesman di Accurate

Laporan Komisi Salesman di Accurate

2. Masuk ke daftar penjual di Menu Daftar – Daftar Lain – Penjual. Lalu pilih nama penjual yang akan di tambahkan seting perhitungan komisi.

Laporan Komisi Salesman di Accurate

Laporan Komisi Salesman di Accurate

 

 

Laporan Komisi Salesman di Accurate

Laporan Komisi Salesman di Accurate

3. Contoh Doni melakukan penjualan seperti digambar dan telah dibayar lunas.

 

 

4. Untuk melihat laporannya dapat dilihat dari Laporan – Daftar Laporan – Laporan Penjualan – Komisi Per Faktur

Laporan Komisi Salesman di Accurate

Laporan Komisi Salesman di Accurate

 

Kami adalah ACIS Indonesia, konsultan penjualan resmi untuk ACCURATE Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapn, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan