Software Akutansi Peternakan Ayam

Proses bisnis di industri peternakan ayam ternyata tak sesederhana yang dibayangkan. Pasalnya, prosesnya berlangsung sangat panjang dan rumit. Mulai dari pemilihan grand parent stock, penanganan ayam umur sehari (day old chick/DOC), telur, pakan, vaksin hingga pemeliharaan ayam (pedaging) sampai masa panen. Belum lagi urusan memasarkan dan mendistribusikan, serta memprediksi kebutuhan pasar.

 

Berikut penjelasan mengenai alur pembukuan untuk bisnis Ternak Ayam:

  1. Berawal dari suplier yang datang untuk menyetok ayam DOC yang nantinya akan menjadi persediaan stok Ayam DOC dan juga berfungsi untuk pencatatan hutang kita pada suplier.
  2. Untuk proses bagian ayam grower sama halnya dengan proses pencatatan ayam DOC, hanya saja berbeda pada pemberian pakan. Untuk pemberian pakan ayam DOC diberikan pakan jadi, namun untuk pakan ayam grower sudah diberikan dengan campuran jagung, bekatul dll.
  3. Ayam DOC akan di proses setiap hari untuk mengetahui harga pokok penjualan setiap ekor ayamnya sehingga akan menjadi ayam produktif untuk ayam petelur maupun ayam pedaging.
  4. Untuk penjelasan pada poin ketiga berlaku pada ayam petelur, karena pada usia tertentu ayam akan berkurang jauh hasil produksi telurnya sehingga akan dikelompokkan menjadi ayam afkir yang nantinya akan dijual dengan harga pokok yang sudah dihitung pada saat menjadi ayam DOC.
  5. Proses ke empat adalah proses penjualan kepada konsumen untuk proses ayam produksi maupun ayam afkir adalah sama. Yaitu bisa dijual ke pelanggan yang sebelumnya sudah didaftarkan dan nantiya akan berhubungan dengan piutang pelanggan kepada kita.
  6. Untuk point ke lima adalah pencatatan data keuangan yang meliputi pencatatan untuk operasional maupun non operasional sehingga mempermudah kita untuk melihat laporan secara realtime.
  7. Dan laporan keuangan yang kita kelola dapat kita sajikan setiap saat, mulai dari laporan Assembling ayam, hutang, piutang, neraca, rugi laba dll.

Banyak pembisnis baru peternakan ayam yang masih bingung mencari software dan lebih memilih melakukan pencatatan secara manual. Padahal pencatatan secara manual sangat riskan akan kerugian yang mengintai perusahaan anda. Apasih software yang bisa mengakomodir itu semua? Jawaban nya dalah accurate…. Apa sih  Accurate itu? Accurate adalah Software Akuntansi produk Indonesia dan melayani berbagai jenis pembukuan perusahaan seperti Trading, Dagang, Jasa, Distributor, Kontraktor dan Manufaktur di seluruh indonesia dari tahun 1998 hingga saat ini dan sudah mengikuti sesuai PSAK perpajakan di Indonesia. ACCURATE sudah User Friendly, walaupun anda tidak mengerti Akuntansi seperti pencatatan, Penjurnalan, Penghitungan dan Laporan keuangan semuanya dilakukan secara otomatis di accurate. Yang Anda lakukan cukup Input Transaksi saja di Perusahaan, Maka secara otomatis  laporan keuangan sudah terupdate.

 

Demikian penjelasan mengenai Software Akutansi peternakan ayam, kami juga menyediakan berabagai jenis software seuai dengan kebutuhan anda dan kami juga menyediakan Super tools ACA,Training Accurate,maintenance software akutansi,VPN jika anda ingin menetahui informasi lebih jelas tentang yang kami jelaskan di atas Anda bisa menghubungi kami kembali. Kami adalah konsultan Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar,jogja,belitung,Jayapura. Untuk Informasi lebih untuk mengenai Software Accurate silahkan menghubungi kami di 081287667070/021-29725443 atau email wahyu@acisindonesia.com. Untuk mengundang kami presentasi bisa mengisi LINK:  https://www.acisjateng.com/free-presentation/

Tinggalkan Balasan