Daftar-akun-accurate

Kembali lagi dengan kami Tim Acis disini kami akan menjelaskan tentang Daftar Akun Accurate ( Chart of Account). Mungkin bagi kalian pasti sudah mengetahui apa itu daftar akun Accurate, yak arena ini adalah akun yang penting untuk membuat setup awal database dari aplikasi software Accurate.

Daftar Akun (Chart Of Account) adalah sebuah tabel yang menampilkan daftar akun yang kalian miliki. Nah nantinya akun akun yang kalian miliki ini akan ditampilkan pada detail dari laporan keuangan. Laporan keuangan utama nya yaitu terdiri dari Laporan Balance Sheet, Income Statement, maupun Cash Flow Report.

Daftar akun yang kalian buat harus sesuai dengan tipe akun yang tersedia, agar laporan keuangan yang akan ditampilkan menunjukkan informasi yang sesuai pula. Pada awalnya daftar akun yang buat pada saat melakukan Setup Awal Database ( Quick Setup) adalah Chart Of Account. Nah Untuk jika anda ingin menambahkan, mengubah ataupun menghapus akun. Anda dapat melakukannyapada menu utama Daftar akun tanpa anda harus masuk kembali pada tampilan quick setup.

Berikut membuat Daftar Akun Accurate baru  ( Create New Account ):

a. Klik menu utama Daftar-Daftar Akun kemudian klik tombol Baru [New].

b.Selanjutnya Pada form New Account, Anda dapat mengisi informasi akujn yang yang anda miliki dengan mengikuti langkah langkah di bawah ini

c. Account Type : 16 pilihan tipe account (pilih salah satu)

d. Fiscal : Muncul untuk pilihan tipe laba/rugi (Revenue, COGS, Expense, Other Income, dan Other Expense). Default aktif, yang berfungsi untuk pengisian SPT PPh tahunan form 1771.

f. Account No : Ketikkan nomor Akun (maksimal 20 karakter) bisa diketikkan alpha numeric, boleh gabungan angka, huruf atau tanda baca lainnya.

g. Suspended : Check box ini berfungsi untuk me-non aktifkan suatu Akun. Jika Field option box ini Anda centang, maka akun tersebut tidak akan ditampilkan pada daftar akun dan tidak dapat digunakan dalam transaksi. Anda dapat mengaktifkan kembali akun tersebut dengan cara me-uncentang field option box Suspended.

H. Name : Nama Account (maksimal 60 karakter)

i. Currency : Pilihan mata uang. Field ini hanya muncul untuk pengisian akun dengan tipe : Cash/Bank, Account Receivable, dan Account Payable.

J. Sub Account : Anda dapat mencentang check box Sub Account, jika akun yang Anda buat merupakan akun anak (bagian) dari akun sebelumnya. Setelah mengaktifkan option ox Sub Account, Anda dapat memilih parent dari akun tersebut. Aktifitas ini, akan menyebabkan tampilan akun parent yang dipilih menjadi tebal (Bold), dan didalam isian akun tersebut terdapat Informasi Parent Account, serta field Opening Balance hilang.

K. Opening Balance : Isikan saldo awal (dalam mata uang aslinya)

L. As Of :Pilih/isikan tanggal pengisian saldo awal. Default tanggal diisikan sesuai dengan Start Date yang diisikan dari menu Setup – Company Info

Ya mungkin itu saja yang dapat kami berikan informasi tentang Daftar Akun Accurate. Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Accurate Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email marketing@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda. cek disini

Tinggalkan Balasan