Human error adalah salah satu penyebab fatal dalam melakukan input saldo awal. Seperti yang sudah di bahas sebelumnya dalam melakukan input saldo awal. Kalo ini saya akan membahas cara merubah saldo awal di accurate. Melakukan edit dalam saldo awal tidak lah mudah. Mengapa? Karena harus di perhatikan berbagai aspek dari saldo awal tersebut dan haruslah jelas mengapa saldo awal di ganti? Berikut yang harus di perhatikan sebelum “cara merubah saldo awal di accurate” :

Merubah saldo awal di bagi menjadi 2 :

  1. Saldo awal tanpa master data

Merubah saldo awal akun yang tidak memiliki master data contohnya adalah akun akun dengan type secara global tidak memiliki master data contohnya type kas/bank, Aktiva Lancar Lainnya, Hutang Lancar Lainnya. Untuk merubah saldo awalnya dengan cara :

  • Pilih buku besar
  • Pilih Daftar Akun

Cara merubah saldo awal di accurate

  • Pilih akun yang akan di ubah
  • Pada kolom saldo awal lakukan edit dengan benar dan klik OK

2.Saldo awal dengan master data

Merubah saldo awal akun dengan master data harus lebih di perhatikan. Contohnya untuk merubah saldo awal piutang harus di lakukan di daftar pelanggan, untuk hutang dilakukan di daftar pemasok, untuk persediaan dilakukan di daftar barang dan jasa.

  • Merubah piutang melalui daftar pelanggan

Pilih daftar

Pilih daftar pelanggan

Cara merubah saldo awal di accurate

Pilih pelanggan yang saldo awalnya ingin di edit

Pilih kolom termin dan edit pada bagian saldo awal

Cara merubah saldo awal di accurate

  • Merubah hutang melalui daftar pemasok

Piliih daftar

Pilih daftar pemasok

Pilih pemasok yang saldo awalnya ingin di edit

Pilih kolom termin dan edit pada bagian saldo awal

 

  • Merubah persediaan melalui daftar barang dan jasa

Pilih persediaan

Pilih barang dan jasa

Cara merubah saldo awal di accurate

Pilih barang yan saldo awalnya ingin di edit

Lakukan edit pada bagian kolom saldo awal

Cara merubah saldo awal di accurate

Untuk memahami penggunaan lebih lengkap sangat disarankan untuk melakukan Implementasi accurate atau pelatihan accurate agar lebih tertib dalam menerapkan dan memaksimalkan penggunaan accurate secara utuh hingga dapat menyajikan laporan keuangan yang baik sesuai dengan yang diharapkan. Klik link ini untuk informasi training lebih lanjut https://www.acisjateng.com/service/

Kami adalah ACIS Indonesia, konsultan penjualan resmi untuk ACCURATE Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapn, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

 

Tinggalkan Balasan