Cara membuat jurnal penyesuaianOke kali ini ACIS akan menjelaskan mengenai Cara membuat jurnal penyesuaian. Pastinya di saat kalian sudah masuk ke dalam dunia ekonomi akan mengenal tentang jurnal penyesuaian yang mana jurnal penyesuaian tersebut bukan menjadi hal yang baru dalam dunia perekonomian.

Lalu apakah yang di masksud dengan jurnal penyesuaian? Jurnal penyesuaian merupakan jurnal yang isinya adalah sebuah proses dari penyelarasan tentang catatan serta fakta-fakta dari transaksi yang berada di akhir periode transaksi. Jurnal penyesuaian tersebut nantinya akan disusun sedemikian rupa yang berdasarkan dari data neraca saldo dan juga data informasi penyesuaian yang memang sudah diajukan oleh beberapa pihak yang terkait kepada orang-orang yang melakukan pembuatan jurnal penyesuaian.

Oke selanjutnya akan di berikan contoh Cara membuat jurnal penyesuaian, contoh kasus disini adalah Perusahaan yang mengeluarkan uang untuk sewa.

Perusahaan menyewa  Ruko untuk keperluan kantor. Biaya Sewa rumah disepakati dari tanggal 1 Juli 2019 hingga 1 Juli 2020. Harga sewa per tahun adalah Rp. 100,000,000. Pada masa tahun berjalan 2019, ternyata perusahaan sudah membayar full Rp. 100,000,000 langsung. Diketahui akhir periode dari pencatatan laporan keuangan adalah setiap 31 Desember.

Maka langkah awal yang dilakukan untuk menyusun jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka ini adalah:

Hitunglah keuangan sewa selama tahun berjalan. Dari 1 juli hingga 31 Desember terhitung 6 bulan. Maka yang akan disesuaikan adalah sewa selama 6 bulan tersebut.

Selanjutnya, ketahui berapa harga sewa perbulan. Gunakan perhitungan sebagai berikut

6/12 x Rp. 100,000,000 = Rp. 50,000,000.

Angka 6 adalah sewa pada tahun berjalan. Angka 12 adalah total keseluruhan bulan (atau tahun, jika perhitungannya pertahun) sewa Ruko. Sedangkan nilai Rp. 100,000,000 adalah harga sewa dari ruko itu sendiri.

Dari perhitungan tersebut maka diketahui, seharusnya biaya sewa untuk periode berjalan adalah Rp. 50,000,000. Diketahui beban sewa selama 2019 adalah Rp.50,000,000.

Maka ayat untuk jurnal penyesuaian dibayar dimuka adalah sebagai berikut:

Cara membuat jurnal penyesuaianJurnal penyesuaian diatas akan mempengaruhi neraca saldo setelah penyesuaian. Akun diatas harus dimasukan ke dalam neraca saldo.

Kenapa kasus diatas harus dilakukan penyesuaian? Logikanya adalah perusahaan telah mengeluarkan sejumlah uang untuk sewa dan masa sewa melewati akhir periode laporan keuangan. Tidak mungkin pada laporan keuangan langsung dimasukan beban sewa dan sewa langsung sejumlah pembayaran (melebihi periode), sedangkan manfaat yang baru dirasakan hanya beberapa bulan saja.

Katakan yang sudah dibayar adalah masa 1 tahun, tapi manfaat baru dirasakan 3 bulan saja. Tidak bisa harga selama 1 tahun dimasukan kedalam laporan keuangan yang baru memiliki manfaat 3 bulan. Oleh karena itulah harus dilakukan penyesuaian. Karena uang yang dikeluarkan untuk 1 tahun tapi manfaat baru dirasakan selama 3 bulan. Jika masukan langsung selama 1 tahun, maka pada periode berikutnya dianggap tidak ada lagi sewa. Jadi intinya jurnal penyesuaian sewa diterima dimuka untuk mencocokan dengan manfaat yang sudah dirasakan perusahaan, tetapi masih berlanjut, belum habis masa.

Demikian penjelasan mengenai Cara membuat jurnal penyesuaian, serta penjelasan mengenai Cara membuat jurnal penyesuaian. Untuk penjelasan yang lebih mendetail dan spesifik dapat mengambil Training di kami ACIS Indonesia, dengan mengambil training dapat memudahkan kita memamahi Cara membuat jurnal penyesuaian secara langsung, dan cara penggunaan software accounting Accurate 5, untuk info training lebih lanjut dapat klik disini

Kami ACIS Indonesia adalah konsultan penjualan resmi software akuntansi ACCURATE untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura.selain aplikasi akuntansi Acis indonesia pun memiliki produk excel accurate yang berkaitan dengan Accurate seperti Converter Excel to XML. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.  Lokasi Acis Indonesia berada di sini

 

Tinggalkan Balasan