Software Accurate Sewa Mobil

Hallo Sobat Acis, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah “RENTAL MOBIL”? Sewa Mobil adalah sebuah usaha untuk menyediakan jasa layanan penyewaan mobil secara harian maupun kontrak. Usaha ini sangat bermanfaat sekali dan dapat menjadikan pilihan alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian, berwisata ataupun hanya membutuhkan alat transportasi khusus dapat menyewa mobil ungaran murah. Selain itu bisa juga menjadi alternatif bagi perusahaan untuk operasional perjalanan sementara atau jangka pendek juga dapat rental mobil murah ungaran dengan sistem kontrak.

 

Jenis Layanan rental mobil

  • Rental Mobil Harian
  • Rental Mobil Antar Jemput
  • Rental Mobil Jangka Panjang

 

Sebagian besar Usaha Rental Mobil mempunyai catatan pembukuan yang berbeda-beda. Pencatatan rental mobil mulai dari:

  • Pencatatan Invoice Sewa
  • Status Mobil
  • Tanda Terima Mobil Keluar / Kembali
  • Tanggal Sewa dan Tanggal Kembali
  • Laporan Pendapatan Sewa
  • Pencatatan Pemakaian Spare Part / Maintenance

SOP sederhana dari bisnis Rental Mobil dalam proses sewa yang dapat Anda lakukan pencatatannya di Software ACCURATE kurang lebih dengan mengikuti flow kerja seperti beriku

Pencatatan Invoice Sewa 

Lakukan pencatatan seperti biasanya saja, namun dengan sedikit memodifikasi kolom di header invoice seperti informasi “Ship Date” dapat Anda rubah menjadi “Tanggal Kembali”. Dan di kolom detail pastikan Anda menggunakan item tipe Servis / Non persediaan untuk nama jasa sewa yang Anda jual. Dan pastikan Anda sudah mendaftarkan daftar Jasa Sewa Anda sekaligus juga dengan daftar mobil yang Anda sewakan yang dibuat statusnya sebagai persediaan dengan kuantiti dan tanpa harga. Karena sebenarnya nilai dari persediaan mobil sewa kita akan tercatat nilainya pada daftar Aktiva Tetap. Setelah proses Administrasi diatas selesai, Anda akan perlu mencatat tanda terima sewa mobil. Mekanisme yang kami tawarkan disini adalah dengan mencatat transaksi ini pada modul Item Transfer di Software ACCURATE Dan Anda bisa buatkan 2 nama gudang yakni Gudang “Ready” dan Gudang “Ontware  Rent”. Jadi Modul Item Transfer akan difungsikan untuk mencatat tanda terima mobil keluar dan mobil kembali.

 

Laporan Pendapatan sewa Mobil .

Laporan ini dapat Anda buka dari laporan penjualan per barang, lalu dengan sedikit modifikasi judul laporan Anda sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jika ada kebutuhan untuk pencatatan pemakaian spare part per kendaraan, Anda dapat menggunakan modul Job Costing dan alokasikan pemakaian spare part tersebut ke Akun Biaya dan jika perlu sampai lebih detail dibreak down per kendaraanm Anda dapat menggunakan fitur Cost & Profit Center dengan membuat masing-masing kendaraan menjadi Departemen.

 

Masih banyak yang bingung software yang dapat mengakomodir bidang usaha rental mobil?masih bingung apakah bisa mencatat semua yang ada di atas? Jawaban nya adalah ACCURATE, yaa ACCURATE  bisa mencatat semua kebutuhan yang ada di bidang usaha rental mobil. Ingin mengatahui tentang Software ACCURATE untuk bidang usaha rental mobil? Silahkan menghubungi kami di 081287667070/wahyu@acisindonesia.com. Untuk mengundang kami presentasi bisa mengisi LINK: https://www.acisjateng.com/free-presentation/.

 

Demikian penjelasan mengenai Software Akuntansi Untuk Perusahaan pariwisata jika Anda kurang jelas bisa menghubungi kami kembali. Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Accurate Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan