Hallo sobat ACIS dan para user accurate sekalian, hari ini saya akan memberika cara Akhir Periode di Accurate 5, mari kita simak langkah-langkah melakukan Akhir Periode di Accurate 5. sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu akhir periode atau period end yang ada pada accurate 5. 

Akhir Periode di Accurate 5 merupakan proses tutup buku yang biasa di lakukan pada akhir tahun atau akhir bulan, karna pada prinsipnya Akhir Periode di Accurate 5 dapat dilakukan kapan saja dan tidak harus di akhir tahun dan bulan. Akhir periode juga digunakan untuk menghitung Akumulasi Penyusutan pada aktiva tetap disetiap bulan atau tahunnya. Jika kita menggunakan fitur ini maka perhitungan penyusutan aktiva tetap kita akan terhitung otomatis oleh sistem.

Berikut Langkah-langkah Akhir Periode di Accurate 5 :

  • Klik menu Aktivitas => lalu klik periodik => pilih menu periode akhir bulan

  • Setelah proses akhir bulan di klik akan muncul gambar seperti di bawah ini , lalu kita pilih bulan dan tahun akhir periode dan klik ok

  • Untuk melihat jurnal hasil dari Akhir Periode yang telah dilakukan, pilih daftar – buku besar – bukti jurnal umum. Filter dengan memilih tipe Akhir Periode dan sesuaikan tanggalnya.

Akhir Periode di Accurate 5

Nah, apa sih tutup buku itu dan jurnal apa yang akan terjadi? Untuk tutup buku akhir bulan adalah pemindahan periode akuntansi dari periode sebelumnya ke periode bulan depan, jurnal yang terbentuk ada 2 yaitu: Jurnal Penyusutan Asset Tetap dan Jurnal Revaluasi Valuta Asing.

Sedangkan untuk tutup buku di akhir tahun hanya berfungsi untuk penutup periode tahunan / tahun berjalan dan membuat jurnal pembalik antara laba ditahan beserta laba tahun berjalan.

Demikian penjelasan tentang Akhir Periode di Accurate 5, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjawab kendala-kendala yang Anda hadapi dalam pengoperasian software akuntansi.

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami kembali. Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Accurate 5 untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email marketing@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda ..!!!

Tinggalkan Balasan