Akhir-akhir ini tidak sedikit perusahaan yang beralih ke Sistem Online termasuk Accurate Online mempunya banyak permintaan untuk menggunakan sistem tersebut, artikel ini akan membahas mengenai modul penjualan accurate online, tetapi sebelum membahas modul penjualan accurate online perlu diketahui apa yang dimaksud dengan Accurate Online? Accurate Online adalah software akuntansi terbaru dari Accurate Accounting software yang berbasis web dan cloud database, Dengan berteknologi berbasis web, maka Accurate Online memungkinkan untuk dapat digunakan pada multi platform Operating system. Accurate Online tidak mengenal sistem installasi aplikasi dan cukup hanya dengan membuka internet browser, maka pengguna sudah dapat menjalankan Accurate Online.
Ok kita kembali lagi dalam pembahasan mengenai Modul Penjualan, Menu Penjualan adalah modul yang terdiri dari fitur Penawaran Penjualan, Pesanan Penjualan, Pengiriman Pesanan, Faktur Penjualan, Uang Muka Penjualan hingga Penerimaan Penjualan, berikut siklus dalam menu penjualan di Accurate Online.
Dalam modul penjualan Terdiri dari 7 form yang saling berkaitan:
1. Sales Quatation (Penawaran Penjualan) Penawaran Penjualan adalah salah satu fitur di Accurate Online yang berfungsi sebagai dokumen resmi untuk menawarkan barang dan jasa yang dimiliki perusahaan kepada calon pelanggan ataupun pelanggan
Untuk membuat penawaran penjualan di Accurate Online adalah sbb :
  a. Klik menu Penjualan | Penawaran Penjualan
  b. Kemudian isi form dengan Nama pelanggan, Tanggal, Pilih barang atau jasa. (Lengkapi detail informasi barang & jasa yang dipilih, lalu klik Lanjut), kemudian klik Simpan.
2. Sales order (Pesanan Penjualan) fitur pada Accurate Online yang berfungsi untuk mencatat pesanan dari pelanggan, pada pesanan penjualan Anda akan menerima dokumen PO (Purchase Order) dari pelanggan.
a. Klik menu Penjualan | Pesanan Penjualan
b. Kemudian isi form dengan Nama pelanggan, Tanggal, Pilih barang atau jasa. (Lengkapi detail informasi barang & jasa yang dipilih, lalu klik Lanjut), kemudian klik dan Simpan
3. Delivery Order (Pengiriman Pesanan) merupakan fitur di Accurate Online yang berfungsi untuk mencatat transaksi pengiriman barang kepada pelanggan atas barang yang dipesan.
Jika proses pengiriman pesanan di perusahaan Anda tidak selalu diawali pesanan, maka Anda dapat langsung membuat pengiriman pesanan dengan cara sbb :
a. Klik menu Penjualan | Pengiriman Pesanan.
b. Lengkapi informasi Kirim Ke, Tanggal dan Barang yang akan dikirim (Lengkapi detail informasi barang & jasa yang dipilih, lalu klik Lanjut) kemudian klik simpan
4. Down Payment (Uang Muka Penjualanmerupakan fitur di Accurate Online yang berfungsi untuk mencatat atau merekam transaksi penerimaan uang muka dari pelanggan.
Cara untuk mencatat penerimaan uang muka penjualan dari pelanggan adalah sbb :
a. Klik menu Penjualan | Uang Muka Penjualan.
b. Tentukan informasi Pelanggan, Tanggal, pilih SO (pesanan penjualan jika mengambil dari SO) Nilai Uang Muka, Kena Pajak dan simpan (jika sudah di terima pembayaran uang mukanya bisa ke step pemnerimaan penjualan di step selanjutnya yg akan dijelaskan)
5. Sales invoice (Faktur Penjualan) merupakan fitur pada Accurate Online yang berfungsi untuk mencatat transaksi penjualan perusahaan. Jika pada proses penjualan di perusahaan Anda tidak menggunakan penawaran penjualan, pesanan penjualan ataupun pengiriman pesanan, maka Anda bisa langsung membuatkan faktur penjualan sebagai dokumen penjualan.Sales return (Retur Penjualan) untuk mencatat pengembalian barang yang telah dijual.
Cara untuk membuat faktur penjualan adalah sbb :
a. Klik menu Penjualan | Faktur Penjualan.
b. Lengkapi field Pelanggan, Tanggal dan masukan pada bagian Cari/Pilih Barang & Jasa dengan barang yang akan dijual, tentukan informasi detail atas barang yang dijual, lalu klik Lanjut Klik Simpan jika telah selesai.
6. Customer Receipt (Penerimaan Pelanggan) merupakan fitur di Accurate Online yang berfungsi untuk mencatat penerimaan pembayaran atas penjualan yang sudah Anda lakukan. Atau bisa juga untuk proses pembayaran apabila terjadi retur penjualan atas faktur penjualan yang sudah lunas.
Cara untuk membuat penerimaan penjualan adalah sbb :
a. Klik menu Penjualan | Penerimaan Penjualan.
b. Lengkapi informasi Terima Dari, Bank, dan informasi yang lain, lalu klik Ambil,  tentukan faktur penjualan yang akan dilunasi atau diterima pembayarannya dari pelanggan, lalu klik Lanjut, klik tombol Hitung, dan jika telah selesai klik Simpan.
7. Sales Retur (Retur Penjualan) merupakan fitur di Accurate Online yang berfungsi untuk mencatat pengembalian barang yang telah dijual kepada pelanggan. Pengembalian tsb bisa terjadi karena barang tidak sesuai spesifikasi ataupun karena terjadi kerusakan.
Untuk mencatat transaksi retur penjualan di Accurate Online adalah sbb :
a. Klik menu Penjualan | Retur Penjualan.
b. Lengkapi informasi Pelanggan, Tanggal, Retur Dari dan pada bagian Cari/Pilih Faktur, isi dengan nomor faktur yang akan diretur, setelah memilih nomor faktur, klik Ambil lalu tentukan barang yang akan diretur lalu klik Lanjut, jika telah selesai klik Simpan.
Demikian penjelasan singkat mengenai modul penjualan accurate online Untuk penjelasan yang lebih mendetail dan spesifik dapat mengambil Training di kami ACIS Indonesia, dengan mengambil training dapat memudahkan kita memamahi sistem accurate online secara langsung, dan cara penggunaan sistem accurate online termasuk salah satunya mengenai modul penjualan accurate online seperti yang dijelaskan diatas.

Informasi kontak

ACIS Indonesia merupakan salah satu penyedia jasa training Accurate berpengalaman untuk software ACCURATE. Dengan tenaga trainer yang sudah sangat berpengalaman di lapangan, ACIS Indonesia siap membantu Anda yang membutuhkan pendampingan untuk penggunaan awal software akuntansi Accurate ataupun masalah seputar software akuntansi Accurate yang Anda gunakan. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan