Pembukuan transaksi di perusahaan adalah suatu kewajiban dan tugas yang harus dilakukan oleh bagian Accounting sehari-hari. Membukukan transaksi seperti mencatat jurnal, buku besar sampai membuat laporan keuangan secara manual pastinya akan sangat melelahkan bagi Accounting dan membutuhkan ketelitian yang extra. Karena itu maka pencatatan manual sudah mulai ditinggalkan dan banyak perusahaan menggunakan sistem dalam pembukuan accounting mereka. Dengan adanya sistem atau menggunakan software akuntansi maka pencatatan Accounting yang biasa dikerjakan manual bisa berjalan seperti pembukuan yang Auto Pilot. Asalkan setting awal dari database di sistem yang digunakan sudah benar, maka otomatisasi pembukuan pun akan bisa dilakukan sampai menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan.

Pembukuan yang auto pilot akan menghasilkan laporan yang jauh lebih cepat dibandingkan pembukuan manual. Karena proses jurnal dan posting serta kalkulasi angka debit kredit yang tidak perlu dibuat secara manual, otomatis akan menghemat waktu pekerjaan Accounting dalam membuat laporan keuangan. Fungsi Accounting dengan adanya sistem sekarang ini akan lebih kepada memeriksa penginputan, mengedit inputan bila ada yang salah, dan mereview laporan keuangan yang dihasilkan sistem. Jadi tidak lagi menginput, pembukuan telah tersistem sehingga dapat berjalan auto pilot.

Kemajuan teknologi yang terus berkembang, membuat kini banyak tersedia sistem atau software akuntansi yang fungsi utamanya tentunya untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan perusahaan, agar laporan keuangan dapat tersaji setiap saat kapanpun manajemen menginginkan. Karena pada umumnya prinsip software akuntansi adalah auto jurnal, auto posting, yang artinya setiap transaksi yang diinput ke dalam software akuntansi akan langsung terbentuk jurnal dan terposting ke laporan keuangan. Dengan adanya software akuntansi maka tentunya akan memudahkan Accounting dalam membuat atau meyajikan laporan keuangan kepada manajemen setiap saat dibutuhkan. Peran Accounting tidak dimatikan dengan adanya sistem, tapi dikembangkan agar bersama sistem mampu menghasilkan laporan keuangan yang cepat dan akurat. Karena tetap saja yang dapat menilai benar atau salah angka laporan hanyalah Accounting dengan ilmu akuntansinya.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk software akuntansi EASY Accounting Software dan ZAHIR serta software payroll BATIK dan CHERRY untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

 

Tinggalkan Balasan