Perusahaan pabrik adalah perusahaan kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi kemudian menjual barang tersebut maka Software Akuntansi Untuk Pabrikasi ini sangat penting sekali dalam pengadaan sistem. Kegiatan khusus dalam perusahaan pabrik yang disebut dengan kegiatan produksi Laporan keuangan perusahaan manufaktur pada dasarnya hampir sama dengan laporan keuangan perusahaan dagang. Perbedaan hanya terletak pada bagian Aktiva Lancar di Neraca dan Harga Pokok Penjualan di Laporan Laba-Rugi yang sudah tersaji di dalam Software Akuntansi Untuk Pabrik yang dimana semua laporan yang berkaitan dengan akuntansi. Perusahaan manufaktur memerlukan banyak rekening untuk menentukan/menghitung harga pokok produksi, tetapi yang ditampilkan dalam Laporan Laba Rugi hanya totalnya saja, sedangkan rinciannya disajikan dalam Skedul Harga Pokok Produksi. Bidang akuntansi yang menangani kegiatan produksi disebut akuntansi biaya(Cost Accounting), laporan ini akan anda dapatkan dengan mudah di Software Akuntansi Untuk Pabrik.

Software Akuntansi Untuk Pabrik

Dalam pencatatan Akuntansi ataupun keuangan, ada beberapa hal yang menjadi fokus dalam pencatatan Akuntansi di perusahaan pabrik, berikut adalah hal-hal yang menjadi fokus dalam pencatatan akuntasi sebuahan pabrik :

Harga Pokok Produksi

Pengertian harga pokok produksi adalah sering disebut juga dengan biaya produksi yaitu kumpulan dari biaya-biaya yang dikorbankan untuk memperoleh dan mengolah bahan baku sampai menjadi barang jadi.

Kumpulan biaya tersebut terdiri dari:

  1. Biaya Bahan Baku (disingkatBBB)
  2. Biaya Tenaga Kerja Langsung ( disingkatBTKL)
  3. Biaya Overhead Pabrik (disingkatBOP)

Biaya Bahan Baku

  • Biaya bahan baku adalah harga perolehan (harga pokok) dari materi yang terdapat pada barang jadi.
  • Bahan baku adalah bagian dari barang jadi yang dapat di telusuri keberadaannya.
  • Bahan baku pada sebuah pabrik dapat juga berasal dari barang jadi pabrik yang lain.

Biaya Tenaga Kerja Langsung

Pengertian tenaga kerja langsung adalah tenaga kerja yang memiliki hubungan dan kinerja langsung saat proses pengolahan barang, baik menggunakan kemampuan fisik atau dengan bantuan mesin. Jadi, biaya tenaga kerja langsung adalah semua kontraprestasi yang diberikan kepada tenaga kerja langsung.

Biaya Overhead Pabrik

Pengertian biaya overhead pabrik adalah seluruh biaya yang timbul dalam proses pengolahan, yang tidak dapat digolongkan dalam biaya bahanbaku atau biaya tenaga kerja langsung.

Yang termasuk dalam biaya overhead pabrik antara lain:

  1. Biaya bahan penolong, adalah jenis bahan yang sangat kecil kuantitasnya yang digunakan dalam proses pengolahan, dan tidak bisa ditelusuri keberadaannya pada barang jadi.
  2. Biaya tenaga kerja tidak langsung, misalnya upah pengawas, mekanik, mandor dan bagian reparasi.
  3. Biaya penyusutan gedung pabrik, misalnya biaya penyusutan mesin.

Semua pencatatan yang diatas sangat sekali penting di dalam Sofwtare Akuntansi Untuk Pabrik, kini di era modern Easy Accounting tumbuh sebagai salah satu Software Akuntansi Untuk Pabrik yang berkembang di indonesia. Dukungan teknis dan support yang penuh sangat dibutuhkan oleh pengguna software Akuntansi Untuk Pabrik . EASY Accounting memberikan akses komunikasi yang luas dengan user melalui telpon, email, chat dan remote untuk membantu masalah yang Anda hadapi agar cepat ditangani. Dengan after sales service dan support yang baik dari EASY maka akan sangat membantu dalam menjalankan software di usaha Anda.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk EASY Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

 

Tinggalkan Balasan