Setiap bisnis atau usaha yang sedang berjalan tentunya akan selalu menghasilkan pendapatan setiap waktunya. Untuk itulah sebuah perusahaan tentu harus melakukan Pencatatan Laporan keuangan Perusahaan untuk mencatat biaya apa saja yang masuk dan keluar di dalam perusahaan tersebut. Pencatatan Laporan Keuangan Perusahaan pun tak boleh dibuat dengan asal-asalan saja. Pencatatan Laporan Keuangan Perusahaan yang baik tentunya akan mempengaruhi keberhasilan dalam usaha yang anda jalankan. Proses Pencatatan Laporan Keuangan Perusahaan biasanya sering dikenal dengan proses pembukuan. Pembukuan ini merupakan tindakan untuk mencatat secara teratur dan sistematis tentang segala transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan.

Laporan keuangan merupakan catatan informasi keuangan di dalam sebuah perusahaan pada periode akuntansi yang digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Laporan keuangan ini bertujuan untuk menyediakan informasi yang berkaitan dengan posisi keuangan, kinerja, dan perubahan posisi keuangan di dalam sebuah perusahaan yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil sebuah keputusan.

Di dalam sebuah laporan keuangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat penyusunannya. Berikut ini komponen-komponen yang ada di dalam laporan keuangan :

  1. Buku Besar

Laporan Buku Besar merupakan laporan yang berisikan informasi dari pencatatan semua transaksi hasil postingan jurnal untuk periode tertentu.

  1. Arus Kas

Laporan Arus Kas merupakan laporan yang berisikan informasi seperti, aktivitas   operasional, investasi, financial,saldo awal, saldo akhir dan keterangan lainnya selama periode akuntansi tertentu.

  1. Laba Rugi

Laporan Laba Rugi merupakan laporan yang berisikan data atau informasi mengenai besarnya jumlah laba atau rugi yang dihasilkan dari pendapatan dan besarnya pengeluaran yang terjadi pada periode tertentu.

  1. Neraca

Laporan Neraca merupakan laporan yang berisikan informasi harta atau aktiva (asset), utang atau kewajiban serta modal (capital) pada periode tertentu.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda dapat memanfaatkan salah satu tools yang dapat membantu Anda dalam Pencatatan Laporan Keuangan Perusahaan yang sudah ada saat ini sangat memudahkan Anda untuk mencatat keuangan dengan praktis. Seperti Easy Accounting 5 yang merupakan salah satu software akuntansi yang sudah cukup eksis sejak tahun 2004.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk EASY Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan