Software HR & Payroll dapat membantu Pekerjaan HRD di suatu perusahaan. Adanya tools yang dapat menghitung Absensi, Gaji, Cuti, BPJS, Pinjaman, SP, Rekruitment serta Prosedur Cara Mencatat Nilai PHK di software HR Batik Secara otomatis maka pekerjaan HRD yang sulit pun menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Diantara software-software HR & Payroll di Indonesia, ada beberapa nama yang dapat dipertimbangkan untuk digunakan, yaitu Batik Software.

 

Ada Sebuah Kasuk untuk Mencatat Nilai Pesangon pada karyawan jika terjadi PHK di software Batiksoft.

 

Kasus:

Eko adalah seorang karyawan di PT.A di Jakarta yang bekerja pada bagian gudang selama 5 tahun 3 bulan dalam 26 hari kerja/bulannya. Karena terjadi permasalahan internal di perusahaan, perusahaan ini dibeli oleh pengusaha lain sehingga terjadi perubahan kepemilikan. Sayangnya perusahaan tidak mau lagi menggunakan tenaga kerja yang ada. Oleh karenanya Eko mengalami pemutusan hubungan kerja ( PHK ) karena adanya perubahan kepemilikan. Saat terjadi PHK, cuti Eko tersisa 6 hari, dan karena Eko berasal dari Yogyakarta, ia akan kembali ke kota asal bersama istrinya. Terakhir upah Rp 2.000.000,- dengan rincian sebagai berikut:

fired
Gaji Pokok                                        Rp 1.500.000,-

Tunjangan Tetap

Tunjangan Keluarga            Rp    400.000,-

Tunjangan Tidak Tetap

Tunjangan Transport           Rp    100.000,-

Bagaimana langkah menginput kasus tersebut di Batik Software beserta perhitungannya?

Jawab :

  1. Master Jenis PHK

Siapkan terlebih dahulu Master Jenis PHK yang akan diambil berdasarkan kasus diatas.
Caranya :

1) Buka Modul Gaji >> Master Gaji >> Jenis PHK, klik New untuk menambahkan data Jenis PHK.

 

 

Input Master Jenis PHK

Master Jenis PHK

 

kode PHK

2) Setelah selesai pilih klik Save untuk menyimpan data.

 

B. Pengunduran Diri

Selanjutnya menginput data pengunduran diri karyawan melalui menu Pengunduran Diri.
Caranya:

1) Buka Modul Gaji >> Transaksi >> Pengunduran Diri, klik New untuk menambah data pengunduran diri.

 

Input Pengunduran diri Karyawan

1 2 3 4

2) Setelah selesai pilih Save untuk menyimpan.

** Kolom ini muncul otomatis, tidak input manual. Ini akan muncul apabila telah cheklist masing-masing pesangon yang akan diberikan pada kode Jenis PHK yang diambil.

BATIK Software banner

Kami, ACIS Indonesia, adalah konsultan penjualan dan training resmi untuk Software HR & Payroll di seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura.Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi kami email info@acisindonesia.com atau telp. 021-29018652 / 08176670034 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.                     Demikianlah Cara Mencatat Nilai PHK di software HR Batik

 

 

 

Tinggalkan Balasan