Para pelaku bisnis online di Facebook banyak yang melakukan strategi berteman sebanyak-banyaknya untuk menjaring calon pembeli sebanyak-banyaknya pula. Cara seperti ini tampak benar namun tidak sepenuhnya benar. Menambah teman dengan siapa saja tanpa melihat latar belakang atau profil, sama saja dengan dengan berpromosi tanpa melihat apakah orang yang dituju sesuai dengan segmen pasar produk yang dijual.

Selain itu, berpromosi kepada orang-orang yang bukan segmen pasarnya justru akan memunculkan ketidaknyamanan orang lain. Tidak semua orang menyukai berbelanja online. Dan tidak semua orang mau bersabar melihat promosi-promosi aneka produk memenuhi dinding Facebooknya. Tak jarang mereka yang merasa terganggu akan menghapus secara sepihak pertemanan dengan toko online.

target tepat di facebook3

Ada beberapa kiat mencari target pasar yang efektif di Facebook. Berikut adalah di antaranya.

  • Tentukan terlebih dulu segmen yang sesuai dengan produk yang dijual. Misalnya, toko online perlengkapan bayi. Segmen pasarnya adalah orangtua yang memiliki bayi ataupun ibu hamil. Maka sebelum menekan tombol “tambah teman”, lihat dulu profil orang yang dituju. Apakah orang tersebut memiliki bayi atau akan memiliki bayi. Hindari berteman dengan remaja yang lebih suka berbagi foto selfie karena sama sekali tidak berkepentingan dengan produk perlengkapan bayi.
  • Saat membuat status atau memuat foto, pastikan untuk menandai teman yang berpotensi membeli. Orang yang tidak memiliki bayi sebaiknya tidak ditag karena dianggap tidak berkepentingan. Selain itu, menandai sembarangan orang akan membuat orang merasa keberatan dan memutuskan pertemanan.
  • Membuat fanpage atau grup diyakini lebih efektif menjaring segmen yang sesuai. Mereka yang memiliki minat dengan perlengkapan bayi akan dengan sukarela menjadi pengikut atau anggota.

 

target tepat di facebook2

Selain membuat status promosi produk, selingi dengan berbagi informasi penting yang berguna. Misalnya kiat merawat bayi baru lahir, kiat merawat perlengkapan bayi, dan sebagainya. Toko online yang sering berbagi ilmu lebih disukai daripada toko yang hanya berjualan mencari keuntungan pribadi. Bagi pembeli, berbelanja sekaligus menambah ilmu akan terasa lebih menyenangkan.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Software-software akuntansi untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan