Software Akuntansi untuk Entitas Tempat Peribadatan

Dalam organisasi masjid dan gereja untuk pendanaanya berasal dari sumbangan para jamaah, karena terdapat kecenderungan dari para penyumbang itu yang ingin mengetahui seberapa besar peran bantuan uang yang mereka sumbangkan dapat membantu organisasi itu maka diperlukan kejelasan dalam penggunaan dana itu, oleh sebab itu maka akuntansi perlu juga diterapkan pada dua organisasi ini. Sementara itu, pengeluaran dana akibat pelaksanaan aktivitas selalu muncul. Oleh karena itu, alokasi jumlah rupiah dan kapan (timing) penerimaan dana dan pengeluaran dana menjadi penting dan perlu untuk diidentifikasi agar aktivitas dapat terlaksana dengan baik. Sehingga untuk mengatur pendanaan dan pengeluaran untuk entitas tempat peribadatan diperlukan adanya software akuntansi untuk entitas tempat peribadatan. Dengan EASY Accounting Software adalah solusi untuk masalah laporan keuangan serta akuntansi untuk entitas tempat peribadatan.

Easy Accounting System untuk Entitas Tempat Peribadatan

 

Didalam entitas tempat peribadatan seperti masjid dan gereja ada yang namanya sumber daya. Sumber daya disebut juga dengan aktiva, atau aset. Jenisnya bisa berupa uang (baik tunai maupun di tabungan atau deposito, atau cek), sediaan habis pakai (seperti obat pembersih lantai, semprot nyamuk, air minum dalam galon, dan lain sebagainya), perlengkapan (seperti karpet, microphone, dan lain sebagainya), kendaraan, dan gedung. Sumber daya yang paling likuid adalah uang/dana.

Pelaporan keuangan akan lebih baik jika dilengkapi dengan narasi. Narasi tersebut menceritakan apa yang telah terjadi di organisasi sesuai dengan urutan aktivitas yang ada dalam laporan anggaran dan realisasi. Dijelaskan pula informasi non keuangan dan keuangan, antara lain :

  1. Aktivitas apa yang paling banyak membutuhkan biaya pada setiap periode ?
  2. Berapa sisa dana yang tersedia untuk aktivitas periode berikutnya ?
  3. Cukupkah cash on hand (kas di tangan) untuk membiayai operasional sampai dengan akhir periode ?
  4. Apakah realisasi kegiatan telah sesuai jadwal ?
  5. Bagaimana capaian atas pelaksanaan aktivitas tersebut berdasarkan indikator ?
  6. Rekomendasi untuk periode berikutnya ?
  7. Berapakah yang telah dibelanjakan dan mana bukti belanjanya ?
  8. Apakah organisasi telah membelanjakan uang sesuai dengan peruntukannya?
  9. Hematkah cara pengadaan barang atau jasa untuk melakukan aktivitas ?

Dengan software akuntansi untuk entitas tempat peribadatan yang tepat yaitu EASY Accounting Software  dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas dan akan membantu Anda mendapatkan laporan keuangan yang akurat sehingga Anda dapat mengambil keputusan dengan bijak untuk manajemen tempat peribadatan yang makin baik.

Untuk penjelasan lebih lengkap dan jelas mengenai EASY Accounting Software untuk entitas tempat peribadatan, Anda dapat menghubungi kami.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk EASY Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 0838 776 88449 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan