Di software akuntansi EAS 3 Accounting, terdapat fasilitas untuk mengimpor data pelanggan dan data pemasok perusahaan dari Microsoft Excel. Jadi bila kita memiliki nama-nama pelanggan dan nama-nama pemasok yang sangat banyak dan sudah ada di Excel, kita bisa mengimpor data Excel tersebut ke software EAS 3 Accounting.

Untuk persiapan import data pelanggan dan pemasok terlebih dahulu kita harus menyiapkan data excel yang berisi nama-nama pelanggan atau nama-nama pemasok sesuai format kolom Excel yang dibutuhkan EAS 3 Accounting. Contoh format excel yang dibutuhkan ini bisa kita lihat dari Program Files, Megasoft Inc, EAS Platinum/Trading/Project/Enterprise, Sample Data, Master Data, Pelanggan Simple atau Pemasok Simple. Jadi kita isikan tabel Excel tersebut dengan data pelanggan atau pemasok kita miliki. Bila ada data kolom yang tidak kita miliki bisa dikosongkan, yang wajib diisi adalah kolom No. Pelanggan / No. Pemasok dan Nama Pelanggan / Nama Pemasok.

imporpelanggan1

imporpelanggan1

Untuk proses impor data pelanggan atau data pemasok di software akuntansi EAS 3 Accounting kita bisa lakukan dari menu “Menu”, “Persiapan Awal”.

imporpelanggan3

Lalu klik tombol Mulai.

imporpelanggan4

Untuk mengimpor data pelanggan, kita masuk ke Tab Pelanggan. Lalu klik tombol “Import Data”.

imporpelanggan5

Pilih format Excel dari daftar pelanggan itu, lalu pilih nama file daftar pelanggan kita di kolom “Source File Name”. Lalu klik “Next”.

imporpelanggan6

Klik tombol Anak Panah Biru ke kanan (Auto Fill). Lalu klik tombol “Next”.

imporpelanggan7

Lalu sesuaikan data format tanggal dan desimal. Lalu klik “Next”.

imporpelanggan8

Lalu klik tombol “Execute”. Dan klik OK setelah import selesai.

imporpelanggan9

Klik tombol “Close”, maka akan tampil daftar pelanggan yang kita buat di Excel tadi.

imporpelanggan10

Di sini Anda hapus baris paling atas (judul-judul kolom) karena judul kolom tersebut tidak perlu diimpor, agar tidak error saat penyimpanan data nanti. Cara hapusnya yaitu klik kanan di baris judul (seperti No. Pelanggan) lalu pilih “Hapus Data Pelanggan”.

imporpelanggan11

Untuk mengimpor data pemasok Anda bisa masuk ke tab “Pemasok” dan lakukan langkah yang sama seperti cara pengimporan data pelanggan di atas.

Setelah selesai mengimpor data pelanggan dan data pemasok, kita masuk ke tab “Simpan Data”. Lalu klik tombol “Simpan”.

imporpelanggan12

Klik “Yes” setelah proses penyimpanan data berhasil.

imporpelanggan13

ACIS Indonesia adalah Authorized Partner Of Mega Soft, developer Easy Accounting System (EAS 3). Konsultasi seputar masalah software akuntansi EAS anda bersama kami untuk mendapatkan solusi yang terbaik dari Solution Expert kami. Call ACIS 021 29018652 / email info@acisindonesia.com

Informasi lengkap untuk Software Akuntansi EAS 3 dan Download FREE trial Easy Accounting System langsung klik di Software Akuntansi EAS

 

Tinggalkan Balasan