Persediaan didefinisikan sebagai barang, bahan-bahan, atau asset yang dimiliki oleh perusahaan untuk digunakan di masa yang akan datang. Kebijakan di bidang persediaan dapat dipandang sebagai masalah taktis (tactical problem), sehingga perencanaan kebutuhan persediaan direncanakan dalam kontek jangka waktu menengah selaras dengan keseluruhan rencana produksi, strategi pemasaran dan distribusi. Artikel ini berbicara mengenai Cara Input Pemakaian Barang Dagang untuk Keperluan Operasional Perusahaan di ACCURATE

Persediaan tersebut akan disimpan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Persediaan kemudian digunakan untuk proses produksi yang akan dijual kembali. Dengan pengolahan persediaan tersebut  maka perusahaan bisa mendapatkan keuntungan untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Persediaan bisa berupa bahan pembantu, bahan mentah,  barang setengah jadi, barang jadi ataupun bisa berupa suku cadang. Sebagai bagian penting dari  perusahaan maka persediaan atau inventory memiliki nilai yang cukup besar terhadap biaya operasional, perencanaan dan pengendalian persediaan.

Kadang kala kita temukan kenyataan bahwa persediaan digunakan untuk keperluan operasional perusahaan itu sendiri. Dari kasus tersebut pencatatan yang dilakukan adalah menjurnal biaya operasional pada persediaan setiap kali terjadi pemakaian barang dagang untuk keperluan operasional perusahaan sehingga persediaan akan berkurang, dan nilainya akan masuk sebagai biaya operasional perusahaan

Dalam ACCURATE Accounting Software untuk pemakaian persediaan dapat dilakukan dengan cara input dari menu Aktivitas (Activity), pilih Barang dan Jasa (Item) dan pilih Penyesuaian Persediaan (Inventory Adjustment).

Cara Input Pemakaian Barang Dagang untuk Keperluan Operasional Perusahaan di ACCURATE

Di dalam menu Penyesuaian Persediaan (Inventory Adjustment) ini, kita bisa isi Nomor Penyesuaian (Adjustment No.), Tanggal Penyesuaian (Adjustment Date), lalu pilih Akun Penyesuaian (Adjustment Date) yaitu Biaya Maintenance Gedung sesuai dengan tujuan penggunaan persediaan tersebut. Sebagai contoh adalah kita Supplier cat, lalu kita hendak menggunakan cat tersebut untuk renovasi ruang kantor, maka kita bisa pilih akun penyesuaiannya yaitu Biaya Maintenance Gedung. Lalu di table Item di bawah kita bisa klik dua kali (2x) lalu pilih barangnya, dan di kolom Kuantitas Baru (New Qty) isikan sisa stocknya setelah kita ambil untuk pemakaian operasional perusahaan. Misal kuantitas barang di kolom Kuantitas Sekarang (Current Qty) ada 10 kaleng cat, lalu kita hendak pakai 2 kaleng cat, maka yang kita isi di kolom Kuantitas Baru (New Qty) adalah sisanya yaitu 8 kaleng cat. Lalu klik Simpan & Tutup (Save & Close) untuk menyimpan transaksi tersebut.

Maka dengan demikian persediaan di ACCURATE Accounting Software otomatis akan berkurang, dan nilainya masuk ke biaya operasional perusahaan yang tadi di pilih yaitu Biaya Maintenance Gedung .

Cara Input Pemakaian Barang Dagang untuk Keperluan Operasional Perusahaan di ACCURATE

Jurnal pemakaian persediaan dari penyesuaian persediaan di ACCURATE:

      Biaya Pemeliharaan Gedung                                    201,250,-

                 Persediaan Bahan Bangunan                                                   201,250,-

Demikian pembahasan tentang software akuntansi ekspedisi. Tertarik untuk info lebih lanjut? Silahkan langsung hubungi Solution Expert kami di ACIS Indonesia.

Kami, ACIS Indonesia, adalah konsultan penjualan dan training resmi untuk ACCURATE Accounting Software dan EASY Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura.Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telepon ke 021-29018452 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Baca juga : Manual Book ACCURATE 5

Tinggalkan Balasan