Dalam sebuah perusahaan, Accounting memegang peranan yang sangat penting, terutama dalam penyajian laporan keuangan perusahaan. Dengan adanya Accounting maka pembukuan perusahaan dapat tercatat dengan rapih dan sesuai standar akuntansi yang berlaku. Karena tugas utama Accounting adalah membuat pembukuan perusahaan dan membuat laporan keuangan perusahaan. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dengan banyaknya software akuntansi yang dijual di Indonesia maka metamorfosa Accounting diperlukan agar Accounting tetap bisa menyesuaikan diri dengan teknologi atau sistem yang sudah banyak digunakan di perusahaan.

Dahulu pekerjaan Accounting memang sangat melelahkan. Karena banyaknya pekerjaan dari mencatat sampai menghitung yang dilakukan secara manual. Imbasnya adalah penyajian laporan keuangan yang diminta manajemen perusahaan seringkali terlambat. Pakerjaan menjurnal, posting, dan pembuatan laporan keuangan memang membutuhkan ketelitian, dan kecermatan agar nilai-nilai yang dihasilkan di laporan keuangan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pekerjaan manual Accounting dahulu cukup melelahkan, terlebih bila transaksi perusahaan sudah sangat banyak. Bila sumber daya Accounting terbatas maka penyajian laporan keuangan juga pasti akan terganggu.

Dengan adanya kemajuan teknologi, kini banyak tersedia sistem atau software akuntansi yang fungsi utamanya tentunya untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan perusahaan, agar laporan keuangan dapat tersaji setiap saat kapanpun manajemen menginginkan. Karena pada umumnya prinsip software akuntansi adalah auto jurnal, auto posting, yang artinya setiap transaksi yang diinput ke dalam software akuntansi akan langsung terbentuk jurnal dan terposting ke laporan keuangan. Dengan adanya software akuntansi maka tentunya akan memudahkan Accounting dalam membuat atau meyajikan laporan keuangan kepada manajemen setiap saat dibutuhkan. Jadi dengan adanya software atau sistem akuntansi maka pekerjaan Accounting dapat bermetamorfosa menjadi lebih baik, karena saat ini peran Accounting bukan lagi membuat tapi mengawasi dan mereview penginputan setiap bagian di perusahaan yang menggunakan software akuntansi agar dapat menghasilkan output jurnal, buku besar dan laporan keuangan yang benar. Peran Accounting tidak dimatikan dengan adanya sistem, tapi dikembangkan agar bersama sistem mampu menghasilkan laporan keuangan yang cepat dan akurat. Karena tetap saja yang dapat menilai benar atau salah angka laporan hanyalah Accounting dengan ilmu akuntansinya.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk software akuntansi EASY Accounting Software dan ZAHIR serta software payroll BATIK dan CHERRY untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

 

Tinggalkan Balasan