Perusahaan kontraktor dapat didefinisikan sebagai orang atau badan usaha yang menerima pekerjaan dan menyelenggarakan pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan biaya yang ditetapkan berdasarkan gambar rencana, peraturan, dan syarat-syarat yang ditetapkan (Ervianto, 2002). Kontraktor dapat berupa perusahaan perseorangan yang berbadan hukum atau sebuah badan hukum yang bergerak dalam bidang pelaksanaan pekerjaan. Perusahaan kontraktor dalam manajemen konstruksi meliputi emapat tingkat hierarki, yaitu (1) tingkat organisasi; (2) tingkat proyek; (3) tingkat operasional; (4) tingkat penugasan kerja (Halpin dan Rigss, 1992).

Mencatat pembukuan perusahaan kontraktor memiliki metode pencatatan yang sedikit berbeda dengan jenis perusahaan lainnya, karena sistem akuntansi untuk perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor sangat tergantung dari kondisi kontraktor dan karakteristik proyek yang ditangani. Biasanya perusahaan kontraktor memerlukan Software Akuntansi yang dapat mensupport kebutuhan untuk pencatatan Cost & Profit Center untuk tiap Proyek yang mereka kerjakan.

software-akuntansi-kontraktor-dengan-zahir-accounting

Perusahaan Kontraktor dapat menganalisa Net Profit / Lost dari tiap Proyek jika tersedia fitur Cost & Profit Center di dalam Software Akuntansi yang digunakan.

Peran seorang akuntan dalam perusahaan kontraktor adalah mencatat dan melaporkan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam suatu proyek pembangunan serta sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil suatu keputusan oleh pihak manajemen, sehingga biaya yang dikeluarkan dalam proses pembangunan proyek jelas pencatatannya. Terlebih lagi bila dalam melakukan pekerjaan tersebut masih dilakukan secara manual menggunakan kertas kerja dan bantuan microsoft excel tentunya membutuhkan waktu yang lama.

Tentunya dengan hadirnya software akuntansi sangat membantu memudahkan serta mempersingkat waktu dalam pengerjaan laporan keuangan yang relatif singkat sekaligus meningkatkan operasional bisnis anda menjadi lebih baik.

ACIS Indonesia memiliki rekomendasi software akuntansi yang cocok sesuai kebutuhan spesifik perusahaan kontraktor ini.

 

Zahir Accounting Software

Software akuntansi Indonesia Zahir Accounting memiliki fitur yang dirancang khusus bagi kontraktor yang memerlukan pembukuan praktis dan lengkap, untuk mengelola proyek & department, mulai dari menentukan anggaran proyek & department, sampai otomatis menghitung laba rugi per proyek & department, kelola aktiva asset, pemakaian barang dalam proyek serta laporan keuangan untuk mendukung operasional dan pengambilan keputusan kebijakan.

 

cara-input-kas-masuk-dan-kas-keluar-selain-dari-penjualan-dan-pembelian-di-zahir

pendapatan-proyek

Selain itu dengan menggunakan software akuntansi Zahir Accounting ver. 6. Personal, Standard, dan Enterprise Terdapat menu Departemen dan Project untuk mengontrol biaya atau pendapatan per department sehingga kita bias mengawasi keperluan biaya atau pendapatan untuk masing-masing pengiriman.

 

biaya-proyek-zahir

Kami adalah ACIS Indonesia, konsultan penjualan resmi software-software akuntansi seperti Jurnal ID, EASY Accounting Software, ACCURATE, ACOSYS, ZAHIR dll. Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd.Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-2901 8652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda

Tinggalkan Balasan