Cara input penyesuaian persediaan di accurate

Nah pada kesempatan kali ini, Tim Acis akan menjelaskan tentang Cara input penyesuaian persediaan di Accurate , mungkin bagi kalian yang memang sudah mengerti sebuah penyesuaian merupakan hal yang biasa. Namun lain halnya dengan orang yang baru belajar apalagi tidak memiliki basic akuntansi, Accurate dapat membuat penyesuaian persedaiaan menjadi mudah walaupun tidak memiliki basic akuntansi.

Jurnal penyesuaian persediaan adalah jurnal yang memang biasanya dilakukan pada akhir periode akuntansi yang mengalokasikan pendapatan serta pengeluaran untuk periode dimana transaksi yang kita jalankan benar-benar terjadi, Namun transaksi tersebut belum diposting maupun dijurnal.

Karena sebuah transaksi dapat saja terjadi pada periode sebelumnya maupun periode berjalan sehingga harus dilakukan yang namanya jurnal penyesuaian. Pada akhir periode pun kita harus mengecek kembali kebenaran atas pencatatan transaksi yang terjadi, jika memang terdapat atau ditemukannya kesalahan maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mengkoresinya.
Yang dimaksudkan adalah agar laporan keuangan dapat disajikan dengan informasi yang sesungguh-sungguhya dan terupdate. Untuk terciptanya laporan keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan anda pada periode selanjutnya.

Berikut Cara Input Penyesuaian Persediaan Di Accurate
Cara melakukan Pengurangan Stok (Cara Input Penyesuaian Persediaan di Accurate)
1. Masuk ke Persediaan > Barang dan Jasa > Penyesuaian Persediaan.
2. Sesuaikanlah tanggal penyesuaian persediaannya.
3. Lalu Pilih akun penyesuaian persediaannya. sebab ini untuk pengurangan stok maka akun yang dipilih biasanya tipe akun nya Beban ataupun Harga Pokok Persediaan.
4. Di bawah Description, jangan centang Value Adjustmentnya.
5. Selanjutnya Pilih barang mana yang hendak di adjustment, nanti akan muncul secara otomatis Qty Sekarang sejumlah stok Anda pertanggal yang Anda pilih untuk total keseluruhan gudang. Perubahan stoknya Anda input di kolom Qty Baru.
6. Lalu pilih Simpan.
Notes : Untuk software akuntansi accurate yang memiliki sistem multi gudang dan yang hendak diadjustment hanya 1 gudang, maka pilih nama gudangnya dan qty baru nya diinput dengan nilai = qty sekarang – selisih qty gudang tersebut.
Cara input penyesuaian persediaan di Accurate
Cara melakukan Penambahan Stok (Cara Input Penyesuaian Persediaan di Accurate)
1. Masuk ke modul Persediaan > Barang dan Jasa > Penyesuaian Persediaan.
2. Ubah tanggal sesuai dengan tanggal penyesuain stoknya.
3. Pilih akun penyesuaian persediaan sebab penyesuaian ini untuk penambahan stok maka tipe akun yang harus dipilih adalah Pendapatan.
4. Centang value adjustment yang ada dibawah kolom description.
5. Pilih barang mana yang mau di adjustment, maka akan muncul nilai otomatis di kolom Qty Sekarang (stok pertanggal yang Anda pilih di tanggal adjustment) dan Nilai Sekarang. Inputlah pertambahan kuantitasnya di kolom Qty Baru dan pertambahan nilai modalnya di kolom Nilai baru. Rumusnya : QtySekarang + Penambahan = Qty Baru DAN NilaiBaru = NilaiSekarang+Penambahan nilai.
Notes : Jika ingin melakukan hanya penambahan stok saja tampa melakukan penambahan nilainya maka Anda bisa menginputnya ke modul Pembelian | Faktur Pembelian dengan nilai unit price (Harga satuannya) = 0.
cara input penyesuaian persediaan di accurate
Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Accurate Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email marketing@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda. cek disini

Tinggalkan Balasan