Pentingnya Pencatatan Akuntansi Accrual Basis dan Cash Basis

Halo Sobat Acis kembali lagi dengan kami Tim Acis, yang akan selalu sharing serta berbagi tips-tips unik seputar Software Akuntansi. Nah pada kali ini kita akan membahas tentang Pentingnya Pencatatan Akuntansi Accrual Basis dan Cash Basis, yang dapat mengakomodir semua transaksi Penjualan kalian. Mau  tau  software apa itu? Yuk Disimak.

Pentingnya Pencatatan Akuntansi Accrual Basis dan Cash Basis

Basis akrual (accrual basis) yaitu sebuah teknik pencatatan akuntansi, yang pencatatannya dilakukan saat terjadinya transaksi walaupun kas belum diterima, ini adalah definisi umum untuk sistem akuntansi Accrual Basis yang penting diketahui. Dalam pencatatan menggunakan basis akrual ini tentu akan lebih akurat, dan dengan menggunakan basis akrual aset, kewajiban dan ekuitas mudah diukur. Di dalam basis akrual sebuah pendapatan akan diakui ketika perusahaan memiliki hak untuk melakukan penagihan dari hasil transaksi. Dan menggunakan basis akrual ini tidak memperdulikan kapan kas akan diterima, dan kapan kas dikeluarkan. Pengakuan biaya di dalam basis akrual ini ketika kewajiban membayar sudah jatuh tempo. Dan biaya tersebut sudah dapat diakui ketika kewajiban membayar sudah terjadi, meskipun kas belum dikeluarkan.

Cash Basis

Cash basis adalah proses pencatatan transaksi akuntansi dimana transaksi dicatat pada saat menerima kas atau pada saat mengeluarkan kas. Pada cash basis, pendapatan dicatat pada saat menerima kas, sedangkan biaya dicatat pada saat mengeluarkan kas. Sebagai contoh, pada metode cash basis ini, pendapatan belum dicatat meskipun barang atau jasa sudah diberikan kepada customer atau pelanggan. Pendapatan baru akan dicatat pada saat pembeli atau pelanggan membayar sejumlah uang atau kas kepada pembeli. Pada praktik akuntansi dewasa ini, metode cash basis jarang digunakan.

Nah kalian sudah tau kan definisi dari sistem akuntansi Accrual Basis dan Cash Basis. Perusahaan – perusahaan besar lebih sering memakai pada Accrual Basis, karena dengan memakai sistem akuntansi Accrual Basis keuangan jadi lebih dapat di kontrol. Namun pada kedua sistem akuntansi ini masih ada kelemahan nya masing-masing. Mau tau? klik disini

Informasi Order Database Accurate

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Accurate Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email marketing@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda. klik disini.

 

 

Tinggalkan Balasan