Cara Cek Selisih Kurs tidak Masuk Akal

Cara Cek Selisih Kurs tidak Masuk Akal

Perusahaan yang menggunakan mata uang asing terhtung sangat banyak. Lalu setiap menggunakan mata uang asing akan berdampak pada akun selisih kurs. Mungkin akan terlihat terlalu besar atau pun terlalu keci tidak seperti biasanya. Berikut ini adalah step by step  Cara Cek Selisih Kurs tidak Masuk Akal pada saldo account Realize maupun Unrealize Gain/Loss yang dilihat terlalu besar atau terlalu kecil dari biasanya :

  • Step 1

Temukan transaksi yang terliat mencurigakan dikarenakan human error atau dengan masalah apapun dengan cara mengeceknya dari Daftar > Daftar Akun > klik kanan di baris akun Realize atau Unrealize Gain/Loss pilih menu History maka akan muncul tampilan Account History. Range Filter by Date dari tanggal awal sd/ akhir bulan yang mengalami Selisih kurs yang tidak wajar.

Jika terjadi pada akun Unrelize, bisa dipastikan itu adalah dari transaksi Period End dan jika dari akun Realize kemungkinannya selain dari transaksi Period End bisa dari transaksi Pembayaran Pembelian atau Penerimaan Penjualan.

  • Step 2

Jika penyebab saldo menjadi besar atau kecil adalah transak penerimaan penjualan atau pembayaran pembelian silahkan di cek kembali Rate pada transaksi tersebut. Dengan melakukan double klik pada transaksi yang di maksud untuk cek Rate nya. Untuk Pelanggan atau Vendor mata uang asing, melakukan pembayaran dengan Cash/Bank mata uang apapun dan make sure Rate yang diisi sesuai dengan Rate mata uang asing nya. Jika masih dengan berisikan Rate 1 silahkan dig anti dengan Rate yang semestinya.

Bila Rate sudah dipastikan benar dengan melakukan cek Rate pada transaksu Faktur Penjualan atau Faktur Pembelian yang dilunasi di Pembayaran Pembelian atau Penerimaan Penjualan tsb. Screenshoot atau catat nomer invoice yang akan di perbaiki nantinya untuk Faktur Pembelian melalui Daftar > Pembelian > Faktur Pembelian dan untuk Faktur Penjualan melalui Daftar > Penjualan > Faktur Penjualan. Silahkan edit/reinput kembali Penerimaan Penjualan atau Pembayaran Pembelian tersebut agar terposting ulang.

  • Step 3

jika end periode yang membuat saldo besar disebabkan oleh transaksi maka cek melalui Daftar > BUku Besar > Bukti Jurnal Umum , centang pada Periode End saja lalu filter tanggal dan double klik pada periode yang dimaksud. Cek kembali pasangan jurnal dari akun mata uang asing mana yang menjadi penyebab jurnal akun reliaze atau unrealized nya menjadi besar.

  • Step 4

Setelah diketahui Account Mata Uang Asing mana yang menyebabkan selisih kurs besar, kita cek penginputan transaksi-transaksi account tersebut dari Report | General Ledger | General Ledger Detail, klik Modify | Customize, centang Rate, Debit Prime dan Credit Prime . Uncheck Description agar ketiga tambahan kolom yang kita centang cukup ditampilkan lalu klik Ok.

Ditampilan preview report General Ledger Detail tersebut, cek di kolom Rate, pastikan sesuai dengan rate mata uang account bersangkutan, Rate tidak boleh 1. Jika ada rate yang salah perbaiki lalu lakukan Period End ulang .

Catatan : Jika sudah mengikuti step by step  diatas tidak ada transaksi yang rate nya salah diperiode tersebut, coba lakukan Period End ulang untuk periode sebelumnya, apakah hasil Period End tersebut account Realize atau Unrealize nya menjadi tidak wajar? jika iya berarti ada perubahan rate dari transaksi periode sebelumnya , lakukan pengecekan seperti diatas hanya saja range tanggal dimundurkan ke bulan-bulan  sebelumnya, perbaiki lalu Period End ulang dari mulai bulan yang rate-nya salah sd sekarang.

Maksimalkan perusahaan anda Bersama kami  secara lengkap menggunakan aplikasi ACCURATE beserta Implementasi accurate yang akan membantu dalam menerapkan sistem akuntansi ini. Untuk lebih lengkap kunjungi kami di www.acisindonesa.com atau untuk produk accurate di https://www.acisjateng.com/produk/accurate-5/ beserta pelatihan accurtate atau mplementasi accurate di https://www.acisjateng.com/service/

Kami adalah ACIS Indonesia, konsultan penjualan resmi untuk ACCURATE Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapn, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan