Dalam artikel ini kami akan menjelaskan salah satu cara yang akan sangat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya, yaitu cara input transaksi jobcosting di Accurate dengan impor dari BOM (Bill Of Material).

Jobcosting merupakan salah satu modul di Accurate yang dapat berfungsi sebagai tempat untuk menginput proses produksi sederhana yang akan mengahasilkan actual cost dari barang jadi yang dihasilkan dari proses produksi ini. Namun di modul Jobcosting ini tidak ada pembuatan formula atau resep dulu dari suatu produksi sehingga bila ada produksi yang sejenis di kemudian hari kita harus menginput ulang material-material yang dibutuhkan dari produksi tersebut, tidak bisa langsung mengambil formula yang ada.

Sebaliknya di modul Pabrikasi Accurate untuk pengguna Accurate versi Enterprise, terdapat beberapa menu penginputan dari Formula (Bill of Material / BOM), Work Order, Material Release sampai Product Result, yang dapat mengakomodir kebutuhan proses produksi yang berulang dengan mudah dengan memilih BOM atau Formula yang sudah dibuat saja untuk menginput WO yang akan direlease atau diresult. Namun penginputan di modul Pabrikasi ini pada ujungnya akan mengeluarkan nilai varians karena hasil jurnal dari product result di pabrikasi ini akan mengambil harga standar, sementara nilai bahan baku yang dikeluarkan di material release mengambil nilai aktual.

Jadi untuk mengkombinasikan kekurangan dan kelebihan di modul jobcosting dan Pabrikasi ini, kami ACIS Indonesia membuat Special Tools yang akan mengakomodir penginputan jobcosting dengan dapat memilih formula dari Bill of Material (BOM).

Berikut ini langkah-langkah cara input jobcosting di Accurate dengan impor dari BOM (Bill Of Material) :

1. Buka dulu Special Tools Jobcosting yang kita perlukan. Double klik pada super tools JC tersebut.

2. Akan muncul tampilan awal Super Tools Jobcosting seperti di bawah ini.

3. Langkah awal menggunakan tools ini adalah kita pilih dahulu database GDB Accurate yang digunakan, untuk menghubungkan Special Tools ini dengan database Accurate yang digunakan.

4. Isi nomor jobcosting, tanggal jobcosting, akun jobcost, keterangan, dan nama departemen serta proyek bila ada.

5. Klik tombol ‘BOM’ untuk memilih Formula Produk (Bill of Material) yang sudah dibuat di Accurate Anda di menu ‘Bill of Material ‘pada modul Pabrikasi Accurate versi Enterprise.

6. Klik tombol ‘Save’ untuk menyimpan transaksi yang kita buat.

7. Bila sukses, akan muncul notifikasi sukses seperti gambar di bawah.

8. Hasil dari penginputan di Special Tools Jobcosting tadi dapat kita lihat langsung di database Accurate yang tadi kita hubungkan, transaksi tersebut akan langsung masuk ke daftar jobcosting (pembiayaan pesanan).

Demikian cara input transaksi jobcosting di Accurate dengan impor dari BOM (Bill of Material). Untuk video tutorial cara input transaksi jobcosting di Accurate dengan impor dari BOM (Bill of Material) ini bisa Anda lihat di youtube di link video ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SPECIAL TOOLS JOBCOSTING silahkan klik LINK INI.

Bila ada yang kurang jelas mengenai cara input transaksi jobcosting di Accurate dengan impor dari BOM (Bill of Material) dan ingin mendapat penjelasan yang lebih spesifik dari tim solution expert kami silahkan hubungi kami ACIS Indonesia melalui telpon di 021 – 2908652 / 089655217655 atau email ke info@acisindonesia.com. Kami siap membantu Anda..!

Kami ACIS Indonesia adalah konsultan penjualan resmi Software Accounting Accurate. Kami juga menyediakan jasa training Accurate dan maintenance Accurate bagi perusahaan yang sudah menggunakan software Accurate dan mengalami kendala atau kesulitan dalam penggunaan software Accurate nya. Kami selalu siap melayani Anda mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Tangerang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lombok, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makassar sampai Papua.

Tinggalkan Balasan