Cara rekonsiliasi bank di accurateOke temen-temen kesempatan kali ini akan membahas bagaimana Cara rekonsiliasi bank di accurate, Berbicara mengenai rekonsiliasi biasanya berhubungan dengan rekening koran, mengapa harus ada rekonsiliasi bank? Jawabannya karena biasanya Jika perusahaan anda memiliki staff/karyawan kepercayaan biasanya anda akan memberikan hak akses sepenuhnya untuk rekening perusahaan. Oleh karena itu setiap bulannya anda perlu mencocokan rekening koran dengan rekening yang ada di program accurate. sehingga anda dapat mengetahui secara jelas arus kas rekening perusahan anda.

Jadi manfaat dari rekening koran adalah untuk mengetahui penerimaan dan pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan. Jadi anda bisa sekalian audit keuangan perusahaan, Jika anda menggunakan program Accurate maka akan lebih memudahkan lagi dalam pengecekannya. Modul yang di sediakan program Acurate untuk mengecek transaksi yang ada di rekening koran yaitu Rekonsiliasi Bank. Modul yang disediakan khusus dari program accurate untuk mencocokan antara Saldo rekening koran dengan arus kas dari program accurate.

Oke berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk rekonsiliasi bank adalah sebagai berikut :

  1. Dari Activitas | Cash/Bank | Bank Reconcile

Cara rekonsiliasi bank di accurate

  1. Pilih Bank yang akan di rekonsiliasi
  2. Setting tanggal pada saat anda melakukan rekonsiliasi bank, Biasanya melakukan rekonsiliasi bank di awal atau di akhir bulan.
  3. Isi field New Statement Balance. Diisi dengan Saldo Rek Koran per tgl Reconcile Date
  4. Centang kolom Clear yang ada disetiap baris transaksi bank, jika transaksi tsb sudah sesuai dengan rek koran.

Cara rekonsiliasi bank di accurate

Perlu diketahui beberapa informasi bahwa:

  1. kalkulasi Saldo adalah saldo akumulatif yang terdiri dari transaksi transaksi yang sudah anda centang tanda Clear pada Bank yang bersangkutan.
  2. Bila kita temukan ada Clear yang berwarna Merah pada baris transaksi tertentu. Maka hal tersebut karena transaksinya sudah di rekonsiliasi padahal tanggal nya berbeda. Misalnya anda melakukan rekonsiliasi pada tanggal 31 may. Namun pada tanggl 1 juni anda sudah rekonsiliasi dan juga clear transaksi tersebut.
  3. Jika ada transaksi di Rekening Koran tetapi di program Accurate belum ada transaksinya. Maka silakan ada input terlebih dahulu di Accurate ,sehingga dapat dengan mudah untuk dilakukan rekonsiliasi.
  4. Jika ada kasus sebalikannya. Maka anda perlu untuk melakukan penyesuain atau bisa juga dengan merevisi setiap transaksi yang tidak ada di program accurate

Demikian penjelasan singkat Cara rekonsiliasi bank di accurate ,penjelasan yang sudah dipaparkan diatas dapat digunakan untuk Cara rekonsiliasi bank di accurate. Untuk penjelasan yang lebih mendetail dan spesifik dapat mengambil Training di kami ACIS Indonesia, dengan mengambil training dapat memudahkan anda memamahi sistem Accurate  secara langsung, dan cara penggunaan Aplikasi Accurate termasuk salah satunya Cara rekonsiliasi bank di accurate seperti yang dijelaskan diatas.

Info lebih lanjut silahkan klik link berikut: klik disini

Kami ACIS Indonesia adalah konsultan penjualan resmi software akuntansi ACCURATE untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura.selain aplikasi akuntansi Acis indonesia pun memiliki produk excel accurate yang berkaitan dengan Accurate seperti Converter Excel to XML. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda. Lokasi Acis Indonesia berada di sini

 

Tinggalkan Balasan