Accurate merupakan salah satu software lokal Indonesia yang banyak digunakan sebagai program pencatatan transaksi akuntansi secara terkomputerisasi. Menggunakan software accurate diawali dengan membuat database sesuai dengan data pencatatan akuntansi perusahaan. Pembahasan kali ini adalah “CARA INPUT SALDO AWAL DI ACCURATE”.

Cara Input Saldo Awal di Accurate

Sebelum pembahasan Cara input saldo awal di accurate, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengapa saldo awal harus di input. Saldo awal adalah nominal suatu perusahaan yang terdapat di dalam laporan keuangan lebih tepatnya pada laporan neraca. Laporan neraca yang sudah di laporkan dan sudah di audit oleh perusahaan bisa dijadikan sebagai saldo awal untuk periode mendatang. Lalu apa saldo awal di bagi menjadi beberapa bagian. Berikut Cara input saldo awal di accurate :

1. Saldo awal kas/bank

  • melalui impor saat impor COA

saat melakukan pembuatan database pada bagian impor COA bisa langsung disertakan saldo awal, sangat di sarankan seperti akun Kas/Bank, pajak dibayar dimuka, asuransi dibayar dimuka dan lain lain, serta Akun neraca lainnya selain Hutang, Piutang, Persediaan, Aset karena saldo awal tersebut menggunakan master data.

  • input manual

Cara input saldo awal di accurate

Cara input saldo awal di accurate melalui buku besar > Daftar Akun

Pilih akun yang ingin di input manual

Cara input saldo awal di accurate

Lalu isikan nominal saldo awal dan klik “Ok” seperti gambar dibawah ini

Cara input saldo awal di accurate2. Saldo awal hutang / piutang

  • Melalui impor

Cara input saldo awal di accurate melalui impor. Saat master data Pelanggan (Piutang) dan Pemasok (Hutang) dibuat di excel buatlah tambahan kolom no invoice, nominal saldo awal, tanggal invoice. Jika nominalnya lebih dari 1 invice maka buatalah dengan nama dan nomer master data yang sama hanya berbeda di 3 komponen kolom tambahan yang sudah di sebutkan. Jadi saat melakukan impor data pelanggan dan pemasok akan otomatis akan masuk ke accurate.

  • Input manual

Cara input saldo awal di accurate melalui manual adalah dengan masuk ke master data denga cara Pilih Daftar > Pelanggan / Pemasok.

Cara input saldo awal di accurate

Pilih salah satu pelanggan atau pemasok. Lalu klik bagian Termin

Isikan nominalnya saldo awalnya. Jika lebih dari 1 invoice klik kotak abu2 untuk mencatat manual nominal saldo awalnya.

Cara input saldo awal di accurate

3. Saldo awal persediaan

  • Melalui Impor

Untuk Cara input saldo awal di accurate melalui Impor adalah dengan melengkapi master data yang sudah di sediakan.

  • Input Manual

Cara input saldo awal di accurate melalui manual dengan masuk ke list persediaan melalui Persediaan > Barang dan Jasa

Pilih barang yang ingin di input saldo awalnya dan isikan saldo awal persediaan seperti gambar di bawah ini

Cara input saldo awal di accurate

4. Saldo awal Aktiva Tetap

Cara input saldo awal di accurate pada asset sangat disarankan melalui impor karena akan banyak komponen yang harus disiapkan seperti tipe aktiva tetap pajaknya tipe aktiva pajak menurut perusahaan dan infomasi mengenai asset tersebut secara lengkap. Untuk penginputan manual bisa di terapkan dengan mudah.

untuk lebih jelas dan detail mengenai Cara Input Saldo Awal dapat melakukan order implementasi melalui link berikut https://www.acisjateng.com/service/

Kami adalah ACIS Indonesia, konsultan penjualan resmi untuk ACCURATE Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapn, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan