Dalam program Aplikasi Pembukuan Excel ini siklus akuntansinya tidak jauh beda dengan siklus akuntansi dengan yang dilakukan secara manual. Dalam siklus ini dimulai dari pencatatan transaksi berdasarkan bukti transaksi ke dalam jurnal, kemudian data jurnal diposting ke buku besar. Dari buku besar dipindahkan ke neraca saldo, kemudaian membua neraca lajur, lalu dilakukan penyesuaian berdasarkan data penyesuaian yang ada, setelah itu dari berdasarkan data neraca lajur dibuatlah laporan keuangan.

Saat ini jaman sudah modern, sudah banyak perusahaan yang meninggalkan Aplikasi Akuntansi Excel untuk pencatatan pembukuannya dan beralih pada software akuntansi, karena software akuntansi sendiri lebih memberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan tansaksi, serta laporan keuangan akan di sajikan secara otomatis .

Apa Manfaat Yang Di Dapatkan Dari Software ACCURATE?

Banyak manfaat yang bisa di berikan dari ACCURATE, mengenai perjalan aktivitas yang terjadi di perusahaan Antara lain sbb :

Aktivitas Pembelian Barang atau Jasa

  1. Membuat dan mencetak PO atas barang atau Jasa.
  2. Membuat Surat Penerimaan Barang (Jika PO atas Barang). (Ketika membuat pencatatan Penerimaan barang yang sudah otomatis menjurnal). Contoh jurnal : persediaan kepada penerimaan barang belum tertagih.
  3. Membuat Faktur Pembelian untuk mencatat Hutang, sekaligus mencatat PPN Masukan jika pembelian Barang atau Jasa ada PPN. (Ketika membuat faktur pembelian atau mencatat faktur dari vendor, otomatis ACCURATE menjurnal) Contoh jurnal : Persedian pada hutang Usaha, dan jurnal PPN masukan jika mencatat PPN masukan).
  4. Mencatat pembayaran Hutang ke Suplier atau Vendor. Bisa cash, Bank transfer, Atau mencatat pembayaran dengan Cek/Giro. (Ketika mecatat pembayaran hutang ke vendor, software ACCURATE akan otomatis menjurnal juga) Contoh jurnal : Hutang usaha pada kas/bank.
  5. Retur Pembelian dan Mencetak Nota Retur jika ada Retur pembelian ke supplier. (Ketika retur pembelian juga ACCURATE otomatis menjurnal) Contoh jurnal : Hutang usaha pada COGS/persediaan.
  6. Mencetak bukti Potong PPH 23 jika pembelian atas jasa yang diharuskan memotong PPH 23.

Aktivitas Penjualan Barang atau Jasa

  1. Membuat Surat Penawaran.
  2. Membuat Surat Pesanan (SO)
  3. Membuat Surat Jalan (Delivery Order). (Ketika membuat surat jalan, ACCURATE otomatis menjurnal) Contoh jurnal : Barang terkirim pada persediaan.
  4. Membuat Sales Invoice (Mencatat Piutang Pelanggan dan PPN Keluaran Jika Penjualan disertai dengan PPN). (Ketika membuat invoice atau faktur penjualan ACCURATE akan menjurnal otomatis) Contoh jurnal : Piutang usaha, PPN keluaran (jika mencatat pajak keluaran), Penjualan pada HPP dan persediaan.
  5. Mencatat penerimaan pembayaran dari Pelanggan baik Cash, Bank Transfer, maupun dengan Cek/Giro. (Ketika mencatat penerimaan pembayaran dari pelanggan, software ACCURATE juga menjurnal otomatis) Contoh jurnal : Kas/Bank pada piutang usaha.
  6. Membuat Retur Penjualan Jika ada Retur dari Pelanggan. (Ketika membuat retur penjualan, ACCURATE menjurnal otomatis) Contoh jurnal : Retur penjualan pada piutang usaha.

Aktivitas Finance atau Cash/Bank yang berhubungan dengan Operasional Perusahaan pada Software Accurate.

  1. Mencatat pengeluaran dari Petty Cash atau dari Bank untuk Operasional perusahaan seperti Pengeluaran untuk pembayaran perjalanan keluar kantor, Pengeluaran untuk pembelian Bensin, ATK dan lain sebagainya.
  2. Pencatatan Pembayaran Beban Pajak.
  3. Pencatatan biaya Operasional Bulanan seperti, Pembayaran Internet, Pembayaran Asuransi, Pembayaran Sewa , Pembayaran Listrik, dan lain sebagainya.

Aktivitas Jurnal Umum

Mencatat jurnal-jurnal transaksi seperti Jurnal Mutasi Antar Kas atau Bank, Jurnal Gaji , Jurnal penyesuaian dan lain sebagainya.

Aktivitas Inventory / Gudang bagi perusahaan Dagang, Project Kontraktor atau Manufaktur.

Semua modul di ACCURATE saling terintergrasi satu dengan yang lain contoh sbb:

  1. Modul pembelian. Jika ada penerimaan Barang maka Stok akan ototmatis bertambah.
  2. Berkaitan dengan Modul Penjualan. Jika ada penjualan maka akan memotong stok secara otomatis.
  3. Membuat Penyesuaian barang jika ada selisih stok
  4. Membuat surat jalan internal (Transfer Item) Jika perusahaan memiliki lebih dari satu gudang
  5. Menyesuaikan harga jual barang atau Jasa jika ada perubahan harga jual.

Kami ACIS INDONESIA konsultan penjualan resmi software akuntansi ACCURATE untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Selain Program Accurate kami juga menyediakan jasa Training Accurate , selain training accurate kami juga meyediakan jasa Maintenance Accurate. Acis Indonesia banyak di percaya oleh berbagai jenis usaha di Indonesia yang dimana customer kita sudah tersebar dari sabang sampai merauke dan mereka puas dengan pelayanan yang Acis berikan.

pelatihan accurateSekarang Saat nya anda memilih untuk tetap menggunakan Aplikasi Pembukuan Excel atau beralih menggunakan software akuntansi Accurate yang sudah menjamin kemudahan anda dalam membuat dan menyajikan laporan keuangan.

Untuk Konsultasi dan pemesana bisa menghubungi email info@acisindonesia.com atau telp 021-29018652,

Tinggalkan Balasan