Settingan fitur Pembelian pada Accurate

Settingan fitur Pembelian pada Accurate adalah suatu pengaturan yang akan di terapkan suatu perusahaan pada divisi pembelian. Settingan fitur Pembelian pada Accurate ini mengatur tentang aturan saat melakukan retur pembelian dan penerimaan barang sebagai dasar penjurnalan yang akan terposting dalam GL (General Ledger / Buku Besar) untuk menghasilkan seputar Laporan pembelian, laporan persediaan barang dagang, laporan hutang dagang dan beberapa biaya yang akan di gunakan lainnya sebagai pendukung dalam pembentukan HPP dalam suatu barang nantinya.

Berikut cara untuk melakukan Settingan fitur Pembelian pada Accurate

  • Persiapan (Setup)
  • Preferensi (Preferences)

Settingan fitur Pembelian pada Accurate

  • Pembelian (purchase)

Settingan fitur Pembelian pada Accurate

A. Retur Pembelian

Settingan fitur Pembelian pada Accurate

  • Semua Faktu Pembelian : aktifitas retur pembelian dapat dilakukan baik yang sudah lunas maupun yang belum lunas.
  • Faktur Belum Lunas : hanya faktur yang belum lunas saja yang bisa di retur
  1. Dapat mengisi barang apa saja di retur pembelian :

semua barang bisa digunakan sebagai retur beli selama barang tersebut belum di non aktifkan / suspended.

  1. Tampilkan konfirmasi saat akan melakukan retur pembelian :

Menampilkan pesan konfirmasi ketika ACCURATE membuat purchase invoice pada saat anda melakukan aktifitas retur pembelian atas barang yang tidak ada faktur pembelian (faktur pembelian dari barang yang ada retur tidak tercatat di ACCURATE)

  1. Tampilkan informasi Biaya :

Menampilkan pesan notifikasi pada saat anda melakukan retur pembelian dimana nilai retur pembelian akan berbeda dengan faktur pemebelian dan perbedaan tersebut akan otomatis dialokasikan ke HPP

B. Penerimaan Barang

Penerimaan barang bisa di input langsung tanpa PO atau dengan PO, jika pencatatan penerimaan barang berdasarkan PO maka nominal penjurnalan akan terposting sesuai dengan nominal PO dan jika pencatatan penerimaan barang tidak berdasarkan PO maka nominal pada jurnal yang terposting akan 0.

Permasalahan muncul pada saat tagihan vendor atas penerimaan barang tersebut di terima, dimana pada tagihan tersebut tercantum nilai beli dari barang yang anda terima dan ada kalanya nilai tagihan barang tersebut tidak sama dengan nilai order barang sehingga menimbulkan adanya perubahan cost masuk barang.

Jika pencatatan penerimaan barang dan penerimaan tagihan atas pembelian barang tersebut dilakukan pada periode yang sama terntu perubahan cost ini tidak akan menjadi masalah, tetapi jika periode penerimaan barang dan penerimaan tagihan tidak sama maka akan timbul permasalahan yaitu pencatatan tagihan di periode saat ini akan mempengaruhi nilai persediaan yang telah dicatat di periode sebelumnya. Untuk mengatasi masalah ini berikut cara untuk melakukan Settingan fitur Pembelian pada Accurate. :

Settingan fitur Pembelian pada Accurate

  • Diperbaruhi oleh Tagihan :

Nominal penjurnalan saat penerimaan barang akan terupdate jika ada perubahan harga antara nominal PO dengan Faktur Pembelian. Jadi yang akan terposting adalah nomial yang tertera di Faktur Pembelain bukan PO.

  • Jangan diperbaruhi oleh tagihan :

Nominal penjurnalan saat penerimaan barang tidak akan terupdate oleh nominal yang tertera di Faktur Pembelian . jadi nominal selisihnya akan masuk ke “Akun Selisih barang belum tertagih”

  • Perbaruhi jika periode tgl tagihan pertama dengan tgl penerimaan :

Apabila terjadi penginputan penerimaan barang dengan Faktur Pembelian dalam periode yang sama maka ACCURATE akan otomatis update nominal yang ada di faktur pembelian, jika terjadi edit faktur pembelian dengan periode yang berbeda maka nominal yang terposting di penerimaan barang tidak akan melakukan update lagi tetapi akan mengikuti nominal yang ada di faktur pembelian. Sebaliknnya apbila terjadi penginputan penerimaan barang dengan faktur pembelian dalam periode yang berbeda maka ACCURATE tidak akan update nilai persediaan tersebut dan selisih nominal nya akan masuk ke “Akun Selisih barang belum tertagih”.

ingin lebih lengkap tentang seluruh pembahasannya dapat menghubungi kami melalui training https://www.acisjateng.com/service/ 

Kami ACIS Indonesia adalah konsultan penjualan resmi software akuntansi ACCURATE untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan