Software Accurate Restaurant

Hai Sobat Acis, siapa yang tidak kenal dengan kata “Restaurant”. Restoran atau rumah makan adalah usaha penyediaan jasa makanan dan minuman dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan dan penyajian di suatu tempat tetap yang tidak berpindah-pindah dengan tujuan memperoleh keuntungan dan/atau laba.

Nah, sebelum melangkah lebih lanjut, coba jawab dulu pertanyaan berikut ini: apa saja tipe-tipe restoran yang ada dan dapat dijadikan pilihan untuk memulai bisnis restoran?

Sebagian dari Sobat ACIS mungkin telah menyebut beberapa nama, atau beberapa mungkin bisa menyebut dan menjelaskan dengan lengkap dan bahkan sempurna tentang tipe-tipe restoran. Namun, bisa jadi, beberapa dari orang mungkin belum begitu paham dengan macam-macam restoran yang ada.

 

Faktanya, restoran itu tidak hanya ada satu jenis, melainkan ada beberapa macam tipe, lho! Untuk Sobat ACIS yang berencana menjalankan bisnis kuliner seperti restoran, cukup penting mengetahui hal ini.

Mengapa demikian? Karena saat menjalankan bisnis termasuk bisnis kuliner seperti restoran, dibutuhkan suatu rencana bisnis yang matang. Di dalam rencana bisnis itu biasanya mencakup beberapa hal, salah satunya tipe restoran dan konsep restoran apa yang ingin dijalankan. Apa saja yang di kelola dalam restaurant? Berikut ini adalah yang di kelola pembukuan restaurant:

Manajemen Arus Kas

Mengelola arus kas berarti melacak semua uang yang masuk dan keluar dalam bisnis Anda. Memperkirakan arus kas di masa depan bisa menjadi permainan tebak-menebak sampai Anda mendapatkan pola bisnis restoran/makanan dan minuman Anda, atau ketika membandingkan uang masuk dengan uang keluar. Pada dasarnya, setiap bisnis berusaha untuk mendapatkan income lebih dari biaya yang dikeluarkan. Ketika sebuah bisnis mampu lebih banyak menghasilkan uang daripada menghabiskannya, maka itu akan memaksimalkan laba bersih dan perusahaan akan terus bertumbuh.

Menjaga Rekap Transaksi

Merekam arus kas Anda, termasuk pendapatan dan beban, sangat penting untuk prosedur akuntansi bisnis Anda. Penghasilan mencakup semua uang tunai, kartu kredit dan penjualan cek yang diterima. Biaya keluar harus dicatat dengan bantuan nota dan faktur. Sistem Point of Sale (POS) Anda biasanya melacak semua kartu kredit dan uang tunai hasil penjualan, dan semua penerimaan harus diajukan dan dicatat dalam dokumen laba rugi (Profit & Loss Document). Hal ini juga penting untuk membuat Anda tidak menutup mata pada jumlah persediaan Anda.

Mengelola Inventaris

Persediaan bisnis makanan dan minuman meliputi bahan baku, mesin pengolah, dan berbagai produk dan bahan-bahan yang Anda miliki di tangan untuk menghasilkan makanan dan minuman. Persediaan merupakan faktor penting dalam pengelolaan akuntansi, karena merupakan investasi dan persediaan yang dibutuhkan untuk menghasilkan keuntungan. Anda harus selalu mempertimbangkan inventaris Anda sebagai kas dalam bentuk yang berbeda, dan menghitung secara konsisten dan menyeluruh.

Perhitungan Laba Rugi (Profit & Loss)

Dokumen laba rugi sebuah bisnis makanan dan minuman berfungsi sebagai laporan untuk meringkas pendapatan, biaya dan persediaan, menggambarkan keuntungan total dan kerugian bisnis selama periode waktu tertentu. Hal terbaik untuk mempersiapkan dokumen ini adalah setiap minggu jika memungkinkan. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk melacak angka untuk membandingkan laporan dari bulan ke bulan, bahkan tahun ke tahun. Disamping itu, laporan laba rugi berisi semua informasi yang relevan dengan arus kas Anda, termasuk penjualan dan upah tenaga kerja.

Demikian penjelasan mengenai Software Akuntansi Untuk Perusahaan pariwisata jika Anda kurang jelas bisa menghubungi kami kembali. Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Accurate Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar,jogja,belitung,Jayapura. UNtuk Informasi lebih untuk mengenai software accurate untuk bidang usaha restaurant silahkan menghubungi kami di 081287667070/021-29725443 atau email wahyu@acisindonesia.com. Untuk mengundang kami presentasi bisa mengisi LINK: https://www.acisjateng.com/free-presentation/

Tinggalkan Balasan