Perusahaan Maufaktur merupakan sebuah badan usaha yang menjalankan mesin, peralatan dan tenaga kerja dalam suatu proses untuk mengubah bahan baku menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual. Jika kita berbicara mengenai sistem akuntansi untuk perusahaan manufaktur tentu saja akan jauh berbeda dengan perusahaan dagang, jasa, ataupun kontraktor. Kami akan memberi tau kalian mengenai Software Akuntansi Untuk Perusahaan Manufaktur.

Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang pabrikasi atau manufaktur yang cara kerjanya masih secara manual. Tentu membutuhkan software akuntansi yang akurat pencatatannya dan bisa mengakomodir mekanisme pekerjaan perusahaan tersebut. Dalam urusan ini, Software Akuntansi Untuk Perusahaan Manufaktur bernama Accurate Enterprise Edition merupakan software yang cocokSoftware ini sudah di design khusus untuk Perusahaan Pabrikasi/Manufaktur.

ACCURATE Enterprise Edition

Software Akuntansi Manufaktur (ACCURATE Enterprise Edition) khusus menangani pencatatan Akuntansi perusahaan Pabrikasi/Manufaktur.

 

Modul Manufaktur terdiri dari :

  • Modul Bahan Baku di pakai untuk mendaftarkan semua bahan baku yang digunakan, contohnya seperti Raw Material, Other Material, dll.
  • Modul Biaya Produksi berfungsi untuk mendaftarkan biaya – biaya yang dikeluarkan untuk proses prosuksi seperti Biaya Gaji, Biaya Sewa, Biaya Listrik Produksi, dll.
  • Modul Formula Produk di gunakan untuk mencatat Formula Produk yang terdiri dari Bahan Baku dan Biaya – biaya yang di pakai untuk menghasilkan Barang jadi.
  • Modul Perintah Kerja di pakai untuk membuat SPK (Surat Perintah Kerja) untuk memproduksi Barang dan membuat surat permintaan Bahan Baku.
  • Modul Produk dan Bahan Baku Keluaran berfungsi mencatat kuantitas Produk Barang jadi yang dihasilkan berdasarkan masing- masing surat perintah kerja dan mencatat pengembalian bahan baku jika pemakaian lebih.

Seperti yang di ketahui, perusahaan manufaktur atau pabrikasi adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual, kegiatan ini sering disebut proses produksi.

Dibandingkan dengan perusahaan dagang, masalah khusus dalam akuntansi perusahaan manufaktur adalah persediaan atau yang biasa di kenal stok barang , biaya pabrikasi, biaya produksi dan beban pokok produksi.

Biaya-biaya yang terjadi dalam perusahaan manufaktur atau pabrikasi selama suatu periode disebut biaya manufaktur atau lebih dikenal dengan biaya pabrik. Pada dasarnya biaya pabrik dapat dikelompokkan menjadi:

  • Biaya bahan baku (raw materials cost) adalah biaya untuk bahan-bahan yang dapat dengan mudah dan langsung di identifikasikan dengan barang jadi. contoh bahan baku adalah kayu bagi perusahaan mebel atau kain bagi perusahaan pakaian
  • Biaya tenaga kerja langsung (direct labor cost) adalah biaya untuk tenaga kerja yang menangani secara langsung proses produksi. Contoh buruh langsung adalah tukang kayu di perusahaan mebel.
  • Biaya overhead pabrik (overhead cost) merupakan biaya-biaya pabrik selain bahan baku dan tenaga kerja langsung. Biaya ini tidak bisa di identifikasikan secara langsung dengan barang yang dihasilkan.

Contoh biaya overhead pabrik adalah:

  • Bahan pembantu atau biasa disebut juga bahan tidak misalnya perlengkapan pabrik seperti mur dan baut.
  • Tenga kerja tidak langsung yaitu tenaga kerja yang pekerjaannya tidak dapat di identifikasikan secara langsung. Salah satu contoh adalah gaji mandor.
  • Biaya maintenance.
  • Biaya listrik, air, telepon dan lain lain.

Report yang dapat dihasilkan oleh Accurate Enterprise Edition seperti foto di atas. Demikian penjelasan mengenai Software Akuntansi Untuk Perusahaan Manufaktur jika Anda kurang jelas bisa menghubungi kami kembali. Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Accurate Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email marketing@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan tim kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan