Pada kesempatan ini artikel ini akan menjelaskan mengenai Cara Membuat Retur Dengan Faktur Nihil di Easy Accounting 5, karena di setiap perusahaan dalam transaksi jual dan beli ada yang sudah lama produk yang sudah terjual kemudian datang customer untuk meretur barang tersebut sedangkan customer tersebut tidak memegang faktur yang dahulu membeli barang tersebut, dengan kasus seperti ini di easy accounting dapat menggunakan fitur retur penjualan tanpa faktur atau nihil.
Berikut penjelasan singkat menganai cara Membuat Retur Dengan Faktur Nihil di Easy Accounting 5
Langkah pertama,
Atur terlebih dahulu agar difitur retur penjualan /pembelian dengan faktur kosong dapat berfungsi, Pastikan setingan preferensi sudah disetting, dari menu Alat Bantu > Preferensi > Retur Penjualan dan Pembelian > ceklist kolom Membuat Retur Penjualan dengan Faktur Kosong dan Membuat Retur Pembelian dengan Faktur Kosong.

Membuat Retur Dengan Faktur Nihil di Easy Accounting 5

Membuat Retur Dengan Faktur Nihil di Easy Accounting 5

Membuat Retur Dengan Faktur Nihil di Easy Accounting 5

Setelah itu buat retur penjualan atau retur pembelian, untuk membuat Retur Penjualan dapat dilakukan dari menu Jalan Pintas > Retur Penjualan atau Daftar > Penjualan > Retur Penjualan kemudian pilih pelanggan yang dimaksud, isi no. retur, tgl retur, kosongkon kolom no. faktur, lalu pilih barang yang diretur dari kolom no. barang, Qty dan Harga Satuan isi sesuai yang diretur, setelah itu klik tombol Simpan dan Keluar. Nanti akan muncul notifikasi “Sistem Otomatis membuat Faktur dengan Nomor : AutoPR-xxx” klik Ok. Di sini nilai Persediaan mengambil dari persediaan masuk sesuai harga terakhir barang masuk tersebut.

Membuat Retur Dengan Faktur Nihil di Easy Accounting 5

Membuat Retur Dengan Faktur Nihil di Easy Accounting 5

Demikian penjelasan singkat Cara Membuat Retur Dengan Faktur Nihil di Easy Accounting 5. Untuk penjelasan yang lebih mendetail dan spesifik dapat mengambil Training di kami ACIS Indonesia, dengan mengambil training dapat memudahkan kita memamahi sistem Easy Accounting secara langsung, dan cara penggunaan sistem Easy Accounting termasuk salah satunya Cara Membuat Retur Dengan Faktur Nihil di Easy Accounting 5 seperti yang dijelaskan diatas.

Tinggalkan Balasan