Akuntansi merupakan seni pencatatan, pengklasifikasian, pembukuan transaksi-transaksi keuangan perusahaan menjadi laporan keuangan. Dengan melakukan pencatatan atau penjurnalan yang benar pada setiap transaksi, maka laporan keuangan bisa kita hasilkan. Memiliki orang Accounting di setiap perusahaan pastinya diperlukan. Sudah tugas bagian accounting untuk menyiapkan laporan keuangan setiap bulan kepada manajemen. Dengan pencatatan manual laporan keuangan tetap bisa dihasilkan. Jadi, perlukah program?? Perlukah program atau software akuntansi lagi?

Bagian penggajian atau departemen HRD di perusahaan, bertugas menghitung gaji karyawan, melakukan reqruitment karyawan baru, menghitung sisa cuti karyawan, sampai perhitungan PPh 21 dan BPJS setiap karyawan. Dengan perhitungan manual staf HRD tetap bisa melakukan pekerjaan payroll ataupun menghitung semua hak karyawan. Jadi, perlukah program?? Perlukah program atau software payroll lagi?

Kemajuan teknologi saat ini sudah tidak diragukan lagi. Setiap sisi kehidupan, tidak lepas dari teknologi. Teknologi memudahkan manusia menjalankan aktivitas dan kehidupannya. Begitu juga dalam usaha, bisnis, semua menggunakan kemajuan teknologi. Semua bisnis yang maju kini berbasis teknolgi, dan tersistem. Pencatatan pembukuan dan keuangannya pun tidak lepas dari teknologi dan sistem. Semua terintegrasi oleh sistem atau program. Jadi kemajuan teknologi inilah yang dapat menggantikan semua pekerjaan manual manusia terutama di dalam bekerja.

Dengan program maka pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan akurat. Pekerjaan manual pastinya tidak lepas dari kesalahan, karena semua sangat mengandalkan ketelitian dan keakuratan perhitungan manusia. Dengan menggunakan program maka ketelitian perhitungan akan lebih terjamin. Dengan program akuntansi maka penjurnalan akan dapat dilakukan oleh sistem, sehingga laporan keuangan menjadi lebih cepat tersaji. Dengan program dan sistem akuntansi yang terintegrasi pada setiap bagian di perusahaan, maka efektifitas kerja akan mudah tercipta. Laporan yang dibutuhkan setiap bagian akan lebih mudah didapat setiap saat. Fungsi Accounting saat ini pun tidak lagi bagaimana menjurnal, posting, meyiapkan laporan keuangan setiap bulan, tapi sekarang fungsinya lebih kepada mengontrol mereview hasil penginputan dari setiap bagian sehingga akan dapat menghasilkan laporan keuangan yang benar.

Bagitu juga dengan bagian HRD, program juga diperlukan untuk menghasilkan perhitungan gaji dan proses payroll yang cepat dan tepat. Program payroll akan membantu bagian HRD dalam mengefisiensikan pekerjaannya. Bahkan program payroll saat ini mampu terkonek kepada sistem payroll Bank perusahaan sehingga transfer gaji karyawan bisa dilakukan secara otomatis. Perhitungan PPh 21 dan BPJS juga akan lebih mudah dengan menggunakan program dibandingkan manual, dan output yang dihasilkanpun sudah sesuai dengan peraturan pemerintah.

Oleh karena itu, maka program kini amat sangat diperlukan. Baik program akuntansi maupun program payroll, semua diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk software akuntansi EASY Accounting Software dan ZAHIR serta software payroll BATIK dan CHERRY untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

 

 

Tinggalkan Balasan