Software Akuntansi untuk Agen Properti

 

Sebelum kita masuk membahasa cara untuk menggunakan doftware akuntansi di ranah agen properti, sedikit dijelaskan mengenai apa itu agen properti. Agen Properti adalah merupakan nama lain dari broker atau makelar properti. Broker properti bertugas menjembatani investor atau pembeli dan penjual. Kebeeradaan broker properti sangat membantu bagi para penjual atau pembeli yang ingin membeli, menyewa, dan menjual properti yang diinginkan.

Dalam implementasinya pasti di setiap agen memiliki arus kas dan transaksi disetiap jual beli dan sewa, disini saya akan menjelaskan mengenai flow dari transaksi yang di lakukan di sistem software akuntansi Easy Accounting 5 antara pihak developer, pembeli, agen dan sales (marketing) . Berikut 2 contoh kasusnya

  1. Bagaimana cara melakukan penginputan disaat Agen menerima fee dari developer atas penjualan 1 unit rumah
  2. Bagaimana cara melakukan penginputan disaat Agen memberikan fee kepada sales (marketing)

Software Akuntansi untuk Agen Properti

Di easy Accounting 5 pihak Developer di jadikan sebagai pelanggan dan Sales (marketing)  di jadikan sebagai Suplier di sistem Easy Accounting, agar kita mendapatkan pemasukan setelah menjual unit rumah kita lakukan penginputan di modul penjualan untuk mendapatkan fee dari developer, berikut contoh pertama cara penginputan di Easy Accounting :

  1. Buat faktur Penjualan

Software Akuntansi untuk Agen Properti

 

Setelah membuat faktur akan timpul piutang dan selanjutnya lakukan penerimaan penjualan,, ketika sudah menerima fee yang di berikan oleh developer..

  1. Input Penerimaan penjualan.

 

Software Akuntansi untuk Agen Properti

 

Setelah penginputan selesai, berarati selesai sudah transaksi dalam penerimaan fee dari Developer. Tetapi jika developer melakukan pembayaran fee nya secara bertahap, akan tetap dilakukan penginputan sesuai faktur yg sudah dibuat.. karena akan muncul sisa nilah yang belum di bayarkan di kolom terhutang di form penerimaan penjualan.

Software Akuntansi untuk Agen Properti

Contoh kasus kedua ketika pihak agen membayarkan fee yang di dapat oleh sales (marketing)

  1. Buat Faktur Pembelian

 

Software Akuntansi untuk Agen Properti

 

Setelah membuat faktur akan timpul hutang yang harus di bayarkan oleh agen poperti, dan selanjutnya lakukan Pembayaran Pembelian ketika sudah membayar fee marketing yang di terima oleh sales (marketing).

 

  1. Penginputan Pembayaran pembelian

 

Software Akuntansi untuk Agen Properti

 

Penginputan pembayaran pemebelian sebagai bukti telah melakukan pembayaran terhadap sales dengan sejumlah yang di tagihkan di faktur.

Demikian penjelasan mengenai 2 kasus tersebut bagaimana untuk cara pengakuan dan penginputannya di software akuntansi Easy Accounting, masih banyak kasus-kasus untuk diperusahaan yang bergerak dibidang agen properti , seperti bagaimana cara melakukan penginputan ketika ada Booking fee dan juga bagaimana cara penginputan ketika ada customer melakukan sewa terhadap unit rumah. semua bisa dimasukan ke sistem akuntansi Easy Accounting 5. Untuk penjelasan yang lebih detail silahkan mengambil implemetasi/training di Kami, Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk EASY Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Software Akuntansi untuk Agen Properti

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan