Menggunakan software akuntansi adalah pilihan terbaik perusahaan untuk mengoptimalkan pekerjaan pencatatan dan pembukuan yang berhubungan dengan keuangan di perusahaan agar sistematis, efektif dan up to date. Di antara beberapa software akuntansi yang bisa kita pilih antara lain yaitu Easy Accounting System dan Zahir Accounting. Kedua software ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun tidak mengurangi fungsi utama mereka yaitu menyajikan pembukuan yang sistematis, cepat dan efisien.

Berikut ini diantaranya perbedaan kedua software (Easy Accounting System (EAS) & Zahir Accounting) (Part 2) :

  1. Sistem Lisensi

EAS :

EASY Accounting menggunakan sistem starter pack dan extra license. Jadi untuk awal customer membeli starter pack atau box awal beserta beberapa lisensi untuk beberapa komputer. Bila kurang customer hanya perlu menambah extra license saja yang harganya lebih murah.

ZAHIR :

Sistem Lisensi ZAHIR menggunakan dongle. Jadi untuk pembelian awal customer mendapat 1 dongle untuk meregistrasi 1 komputer. Bila kebutuhan costumer lebih dari 1 komputer maka harus membeli beberapa dongle lagi seharga starter pack awal.

 

  1. Impor Transaksi dari Excel

EAS :

EASY Accounting dapat mengimpor transaksi dari Excel. Transaksi yang bisa diimpor yaitu transaksi Jurnal Voucher, Faktur Pembelian dan Faktur Penjualan.

ZAHIR :

Tidak bisa mengimpor transaksi dari Excel. Hanya bisa mengimpor transaksi dari csv, namun diperlukan plugin berbayar untuk dapat mengimpor transaksi dari csv.

 

  1. Bahasa Laporan Keuangan

EAS :

EASY Accounting mempunyai fitur khusus untuk menampilkan Laporan Keuangan dalam 2 bahasa. Sehingga bila bahasa sistem kita ubah maka Chart of Account di Laporan Keuangan akan berubah sesuai bahasa yang dipilih (dengan syarat menginput dahulu nama akun dengan 2 bahasa di Chart of Account).

ZAHIR :

Di ZAHIR akun-akun yang tampil di Laporan Keuangan sesuai dengan nama akun yang ditulis di Chart of Account.

 

  1. Grafik di tampilan awal Sistem

Baik EASY Accounting maupun ZAHIR mempunyai tampilan grafik di tampilan awal sistem ketika membuka database. Keduanya memiliki tampilan berbeda dengan ciri khas nya masing-masing.

 

  1. Lock Budget

EAS :

Di EASY Accounting kita bisa membuat anggaran per akun. Dan di sini juga bisa melock budget, artinya bila transaksi yang diinput melebihi budget yang ditetapkan maka transaksi tersebut tidak bisa disimpan.

EAS :

Di ZAHIR juga bisa membuat anggaran per akun. Namun tidak ada fungsi lock budget. Sehingga kegunaan anggaran hanya untuk melihat perbandingan di laporan anggaran dan aktual per akun.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk ZAHIR dan EASY Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan