Kebanyakan perusahaan jasa harus melakukan potongan PPh 23 saat menerima piutang, hal terusebut menambah pekerjaan kepada bagian accounting atau finance yang bertugas di perusahaan tersebut, Zahir Accounting Software memberikan kemudahan pencatatan dalam pemotongan PPh 23 saat Customer melakukan pembayaran atau kita sebagai perusaahn yang menerima pembayaran / piutang tersebut, ssangat mudah dan simple, Program Zahir sangat memberikan support untuk melakukan pemotongan tersebut, berikut kasus untuk melakukan Mencatat Potongan PPh 23 piutang di ZAHIR Accounting :

 

penjualan

Pertama pembuatan Invoice terlebih dahulu untuk melakukan penerimaan piutang, karena untuk melakukan penerimaan piutang harus didasari dengan Invoice, setelah invoice di buat lalu pilih “Rekam”.

pembayaran-piutang-zahir

Pembayaran Piutang Zahir

 

Saat ingin melakukan pelunasan piutang pada Zahir Software isikan terlebih dahulu :

  • Akun Kas : Pelunasan iutang ini ingin dimasukan ke akun bank apa? Cash atau Bank.
  • Dari : Siapa yang melakuka embayaran piutang?
  • Memo : isikan memo jika ingin memberikan keterangan atas pelunasan tersebut.
  • No Invoice : klk 2x untuk memilih invoice yang akan dibayarkan customer
  • Denda (Rp) : Isikan terlebih dahulu nominal PPh yang akan dipotong dengan menggunakan symbol  – (minus / Kurang), lalu pili anak panah ke   kiri lalu akan muncul pemilihan kode akun Potong PPh 23
Kode Akun Pendapatan Denda di Zahir

Kode Akun Pendapatan Denda di Zahir

  • Kode : pilih akun akun yang akan digunakan untuk menampung nilai potong      PPh 23
  • Lanjutkan : untuk melanjutkan pencatatan transaksi.
  • Rekam : Untuk merekam transaksi pelunasan piutang dan Potongan PPh 23.

Maka jurnal yang akan terjadi dalah :

Jurnal Penerimaan

Jurnal Penerimaan

Kami adalah ACIS Indonesia, konsultan penjualan resmi Software Akuntansi Zahir Accounting. Kami jual Zahir dan jasa implementasi/training Zahir. Zahir Indonesia yang kami jual untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Batam, Padang, Jambi, Jakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Lombok, Manado, Makassar sampai dengan Jayapura. Kami juga menjual Zahir Online.

mencatat-potongan-pph-23-piutang-di-zahir-accounting

Pusat kami di Jakarta, namun bagi Anda yang berdomisili di luar Jakarta tetap dapat kami layani. Kami siap untuk persentasi ataupun training / implementasi Software Akuntansi ke seluruh kota di Indonesia. Kami tawarkan free demo product untuk Anda. Jika Anda ingin berkonsultasi, Anda juga dapat menghubungi kami via telpon atau email secara free.

Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@acisindonesia.com atau telp 021-2901 8652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda. Free demo product ke kantor Anda!

Demikian informasi Mencatat Potongan PPh 23 piutang di ZAHIR Accounting.

Tinggalkan Balasan