Membanjirnya toko online di Indonesia membawa keuntungan sekaligus kerugian bagi berbagai pihak yang berbeda. Toko online dengan memanfaatkan media sosial misalnya, bisa jadi membawa kemudahan bagi mereka yang tertarik membeli. Namun di sisi lain, berpotensi membawa rasa tidak nyaman bagi mereka yang tidak berkepentingan dengan produk yang dijual, namun menjadi sasaran promosi terus-terusan.

Perlu dipahami bahwa media sosial dibuat untuk tujuan pertemanan. Jika Anda menggunakannya untuk tujuan lain, seperti berjualan maka pastikanlah bahwa kegiatan berjualan Anda tidak menggangu kenyamanan teman media sosial Anda. Misalnya dalam hal berpromosi di Facebook. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh para pelaku bisnis online dalam menjalankan usahanya agar tidak mengggangu orang lain. Di antaranya adalah sebagai berikut.

bisnis online beretika

  • Saat membuat status yang berisi promosi produk yang Anda jual, gunakanlah bahasa yang sopan. Hindari pemilihan kata yang bisa mengundang reaksi negatif, seperti kata-kata yang bermuatan SARA.
  • Jangan terlalu gencar membagikan status promosi. 2 – 3 kali per hari berbagi status promosi sudah mencukupi untuk memperkenalkan produk Anda. Lebih dari jumlah itu, teman-teman Anda akan merasa bosan dan merasa bahwa Anda berteman bukan untuk mencari teman tetapi untuk mencari uang.
  • Jangan berlebihan dalam berpromosi. Status promosi cukuplah berisikan keterangan penting mengenai produk yang dijual. Kalimat yang panjang lebar hanya akan membuat mereka malas membacanya.
  • Saat memuat foto, pastikan bahwa foto hanya berisikan produk yang dijual tanpa ada penambahan elemen yang mengundang kontroversi. Misalnya menjual produk minuman, tidak perlu diperagakan oleh model yang berpakaian dan berpose seksi agar tidak dikaegorikan pornografi.
  • Tulislah cara pemesanan dan pembelian dengan rinci. Jika toko Anda memiliki syarat dan ketentuan dalam pemesanan atau pembayaran, tulislah Dengan jelas agar mudah dipahami oleh calon pembeli.

bisnis online beretika3

Cara berbisnis yang baik, tidak hanya berhasil mendapatkan banyak pembeli baru, tetapi juga bisa mempertahankan pembeli lama untuk tetap menjadi langganan setia. Penjual yang baik tentunya lebih disenangi dibanding penjual yang bersikap semaunya sendiri.

 

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Software-software akuntansi untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan