Banyak pakar keuangan dan pengusaha sukses membenarkan bahwa kesuksesan finansial akan lebih sulit tercapai hanya dengan penghasilan sebagai karyawan. Kesuksesan finansial bisa lebih cepat diraih dengan cara berwirausaha. Berwirausaha bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, termasuk oleh mereka kaum muda yang masih menyandang status pelajar.

Semakin muda seseorang memulai berwirausaha, semakin banyak pula manfaat yang bisa diraih. Tidak hanya keuntungan finansial, tetapi juga manfaat pembentukan dan pengembangan kepribadian. Salah satu bentuk wirausaha yang cocok untuk pelajar adalah menjadi reseller. Reseller adalah sebutan bagi mereka yang menjual produk orang lain. Penjualan bisa dilakukan di lingkungan sekolah, lingkungan tempat tinggal, maupun melalui media sosial.

kiat sukses selagi muda3

Menjadi reseller bisa dilakukan dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sekalipun. Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa mengganggu tugas belajar maupun jam sekolah. Dan yang terpenting, bisa dilakukan saat ini juga.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menemukan produk. Misalnya alat tulis, buku pelajaran, aksesori, pakaian, sepatu, atau makanan kecil. Setelah menemukan produk, rencanakanlah target pasar yang dituju. Apakah produk yang dijual ditujukan bagi kalangan pelajar atau umum. Jika target pasarnya adalah pelajar, bisa lebih disesuaikan lagi apakah pelajar SD, SMP, atau SMA.

Ada banyak kemudahan yang bisa diperoleh dengan menjadi reseller, di antaranya adalah tidak perlu melakukan proses produksi karena produk sudah disediakan pihak lain. Jumlah barang bisa dipesan sesuai dengan permintaan sehingga tidak ada risiko barang menganggur karena tidak laku. Keuntungan yang diperoleh diambil dari selisih harga dari produk yang dijual. Misalnya, buku tulis yang diperoleh dengan harga Rp 4.000 kemudian dijual kembali dengan harga Rp 5.000. Maka keuntungan yang diperoleh dari sebuah buku tulis adalah Rp 1.000.

kiat sukses selagi muda2

Akan lebih menyenangkan jika produk yang dijual berhubungan dengan hobi atau kegemaran. Misalnya aksesori remaja perempuan maupun laki-laki, atau alat kelengkapan aktivitas ekstrakurikuler. Beraktifitas sambil diselingi bisnis maka manfaat yang diperoleh menjadi dobel. Selamat mencoba.

 

lembur2

Kami adalah ACIS Indonesia, konsultan penjualan resmi software-software akuntansi seperti Jurnal ID, EASY Accounting Software, ACCURATE, ACOSYS, ZAHIR dll serta kami menyediakan jasa Implementasi Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd.Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-2901 8652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan