Dalam kesempatan ini kita akan membahas Software Akuntansi Untuk Perusahaan Manufaktur. Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang nature of businessnya adalah mengolah barang baku menjadi barang jadi. Jika membahas pencatatan akuntansi untuk perusahaan manufaktur tentu akan jauh berbeda dengan perusahaan dagang, jasa, maupun kontraktor. Cara pencatatan yang jauh berbeda ini biasanya akan mencakup masalah persediaan, biaya produksi, overhead cost, hingga Harga Pokok Produksi atau Cost Of Goods Manufactured dalam bahasa Inggris.

Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi di Indonesia tentu membutuhkan satu sistem atau software akuntansi yang bisa mengakomodir mekanisme pencatatan tersebut. Dalam tulisan ini, kami dari ACIS Indonesia memiliki 2 produk Software Akuntansi yang memiliki fitur atau modul manufacturing. 2 produk software akuntansi tersebut adalah :

Acis Indonesia

Accurate 5

ACIS Indonesia

Easy Accounting Software

Mari kita bahas masing-masing :

* ACCURATE 5 memiliki varian Enterprise Edition yang khusus menangani pencatatan Akuntansi perusahaan Manufaktur. ACCURATE 5 Enterprise Edition memiliki modul manufacturing yang terintegrasi dan memiliki siklus mulai dari pembuatan Bill Of Material (BOM) atau Formula Produk, lalu dilanjutkan dengan penerbitan SPK / Work Order, Pengeluaran bahan baku / Material Release dari gudang berdasarkan SPK dari Produksi, sampai pencatatan Finish Goods.

Flow ACCURATE 5 Enterprise

Tampilan Menu Pabrikasi di Accurate 5 Enterprise

 

Report yang dapat dihasilkan oleh ACCURATE 5 Enterprise Edition antara lain Product & Material Status, Variant Production, WIP report, hingga Report Cost Of Goods Manufactured (COGM). Lengkap dan mudah bukan?

Laporan Pabrikasi accurate 5

Tampilan Laporan Pabrikasi Accurate 5

 

2. Easy Accounting System (EAS)

Software Akuntansi Easy Accounting juga memiliki varian yang ditujukan untuk perusahaan manufaktur. Easy Accounting juga menamai produknya dengan varian EAS Enterprise. Flow produksi yang kurang lebih sama persis dengan ACCURATE seperti mulai dari Bill Of Material – SPK – Material Release – Product Result.

BOM EAS

Flow Enterprise EAS

Tampilan Menu Pabrikasi di easy Accounting Software

 

Nah tiap software akuntansi diatas memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa membandingkan sendiri langsung dengan mencoba trial version dari tiap produk tersebut diatas. Bagaimana caranya? Silahkan langsung bertanya dan konsultasi dengan tim Solution Expert ACIS Indonesia via email info@acisindonesia.com atau telp di 021-29018652. Free Demo Product ke kantor Anda!

Tinggalkan Balasan