Di software akuntansi ACCURATE terdapat fitur untuk mengisi nomor seri barang dan tanggal kadaluarsa barang. Fitur ini berguna untuk perusahaan yang memerlukan kontrol nomor seri setiap barang yang masuk dan keluar. Berikut ini cara untuk Mengisi Nomor Seri Barang Saat Transaksi Penerimaan Barang di Software Akuntansi ACCURATE.

Untuk bisa Mengisi Nomor Seri Barang Saat Transaksi Penerimaan Barang di Software Akuntansi ACCURATE ini terlebih dahulu kita harus setting setiap barang kita agar bisa diisi nomor seri, dengan mencentang “Pakai Nomor Seri” di tab “Kontrol Persediaan”. Di situ juga terdapat pilihan jenis nomor seri apakah nomor unik atau nomor produksi yang akan kita pakai. Bila ingin agar barang dapat terisi tanggal kadaluarsa juga kita bisa centang pilihan “Pakai Tanggal Kadaluarsa”.

nomorseri1

Tampilan Serial Number di Accurate 4

Kemudian untuk mengisi nomor seri barang kita dapat lakukan saat penginputan Penerimaan Barang, dan untuk memilih nomor seri yang keluar atau terjual dapat kita lakukan saat menginput Pengiriman Pesanan. Di penerimaan barang atau pengiriman pesanan tersebut untuk mengisi nomor seri nya bisa kita lakukan di kolom SN (gambar barcode). Di situ bila di double klik akan keluar kotak nomor seri yang bisa kita isi nomor seri dari barang tersebut.

nomorseri2

Tampilan Penerimaan Barang Dengan Serial Number

Bila kita menggunakan Barcode Scanner saat membuka kotak nomor seri di transaksi tersebut maka bila barcode scanner ditembakkan ke label barcode barang nomor seri akan langsung terisi di kotak nomor seri tersebut.

Setelah disimpan transaksinya, untuk melihat laporan nomor seri yang masuk dan nomor seri yang keluar bisa kita lihat laporannya dari Laporan Gudang, dan tinggal pilih laporan nomor seri yang ada di situ seperti Penerimaan Nomor Seri/Produksi, Nomor Seri/Produksi Terkirim, Nomor Seri/Produksi Tersedia, Histori Nomor Seri, Serial Numbers by Warehouse, dan Laporan Selisih antara Kuantitas Barang dan Kuantitas Nomor Seri.

nomorseri3

Tampilan Laporan Penerimaan Serial Number

nomorseri4

Tampilan Laporan Penerimaan Serial Number

nomorseri5

Tampilan Laporan Serial Number Yang Tersedia

nomorseri6

Tampilan Laporan Histori Serial Number

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami.

ACIS Indonesia adalah Authorized Sales Associate dari CPS Soft, developer ACCURATE Accounting Software. Konsultasi seputar masalah software akuntansi ACCURATE anda bersama kami untuk mendapatkan solusi yang terbaik dari Solution Expert kami. Call ACIS 021 29018652 / email info@acisindonesia.com

Informasi lengkap untuk Software Akuntansi ACCURATE langsung klik di ACCURATE Accounting Software

Baca juga : Software Akuntansi Online

Tinggalkan Balasan