Di software akuntansi Indonesia EAS 3 Accounting, ada menu khusus yaitu menu Akhir Periode untuk membuat jurnal penyusutan aktiva tetap setiap akhir bulan. Dengan membuat akhir periode ini, maka bila kita mempunyai daftar aktiva tetap, software akuntansi EAS 3 Accounting akan otomatis menghitung dan menjurnal penyusutan aktiva-aktiva tetap perusahaan sesuai metode garis lurus.

Syarat agar dapat terbentuk jurnal penyusutan aktiva tetap tersebut secara otomatis maka kita perlu menginput dulu semua detail aktiva tetap kita di daftar aktiva tetap. Bila kita sudah punya daftar aktiva tetap maka dengan melakukan “Akhir Periode” akan terbentuklah jurnal penyusutan setiap aktiva tetap yang kita punya.

Menu Akhir Periode ini bisa kita buka dari menu Alat Bantu, Akhir Periode.

fixedasseteas1

 

Lalu pilih bulan akhir periode yang akan kita lakukan, dan set tahunnya. Di bagian bawah bila kita menggunakan lebih dari satu mata uang di database EAS 3 Accounting kita, maka dengan melakukan akhir periode ini juga akan terbentuk jurnal selisih kurs di akhir periode tersebut. Jadi tinggal kita set kurs mata uang asing kita dengan nilai kurs mata uang asing tersebut terhadap rupiah di akhir bulan itu. Lalu klik Simpan dan Keluar.

fixedasseteas2

 

Hasil dari jurnal proses akhir periode tersebut dapat kita lihat di menu Buku Besar, Jurnal Umum.

fixedasseteas3

 

Klik tombol Filter, lalu set rentang waktu tanggal jurnal penyusutan yang ingin kita lihat, pilih tipe nya “Depresiasi” untuk melihat jurnal penyusutan aktiva tetap. (Bila kita ingin melihat jurnal selisih kurs di akhir bulan maka kita pilih Tipe “Akhir Periode”). Lalu klik tombol “Ya”.

fixedasseteas4

 

Maka akan tampil daftar period end proses yang sudah kita lakukan. Klik 2x di baris period end proses tersebut untuk melihat jurnal penyusutan aktiva tetap kita di akhir bulan tersebut.

fixedasseteas5

 

fixedasseteas6

 

ACIS Indonesia adalah Authorized Partner dari Mega Soft untuk penjualan Software Akuntansi Indonesia Easy Accounting (EAS). Konsultasi masalah dan info seputar produk Software Akuntansi Easy Accounting (EAS) dapat langsung menghubungi ACIS Indonesia di nomor telp 021 290 18652 atau email info@acisindonesia.com

Download FREE Trial Software Akuntansi EAS langsung klik Easy Accounting System

Tinggalkan Balasan