Dalam pencatatan akuntansi perusahaan, terkadang ada beberapa transaksi yang selalu diinput di setiap bulan. Contohnya seperti adjustment biaya sewa, adjustment biaya asuransi, pembayaran hutang leasing, pencatatan biaya listrik, gaji, dan lain-lain yang selalu dicatat rutin setiap bulan.

Di software akuntansi Indonesia ACCURATE Accounting Software, ada satu fitur untuk memudahkan kita dalam mencatat transaksi berulang ini, yaitu dengan mengklik tombol “Recurring/Transaksi Berulang” di setiap transaksi yang ingin kita buat pengulangannya setiap bulan. Jadi fungsi dari Recurring ini adalah untuk mengingatkan kita untuk membuat transaksi yang sama di setiap bulan atau periode tertentu.

Misalkan kita ingin membuat transaksi berulang jurnal adjustment Sewa selama 12 bulan ke depan. Jadi pertama kita buat dulu jurnal umum adjustment sewa tersebut, lalu klik tombol “Recurring/Transaksi Berulang”.

recurring accurate1

 

Lalu pilih periode pengulangan dan isi berapa kali pengulangan yang ingin kita lakukan, serta isi keterangannya bila diperlukan. Maka di tabel bawah akan terlihat tanggal-tanggal yang akan muncul pengingat pengulangan transaksi yang kita lakukan. Klik Simpan dan Tutup untuk menyimpan transaksi berulang ini.

recurring accurate2

 

Setelah membuat transaksi berulang ini, maka di setiap tanggal yang tertera pada transaksi berulang tadi akan ada pengingat untuk kita membuat transaksi tersebut. Jadi nanti di bulan berikutnya bila kita buka menu pengingat akan muncul pengingat Transaksi Berulang. Klik 2x di pengingat transaksi berulang tersebut, maka akan muncul jenis transaksi berulang yang harus kita buat.

recurring accurate3

 

Untuk membuat transaksi di periode ini letakkan kursor di baris tanggal transaksi berulang tersebut, lalu klik tombol “Buat Transaksi” di layar Software Akuntansi ACCURATE Anda.

recurring accurate4

 

Maka akan langsung muncul jurnal yang harus kita buat di tanggal tersebut, tinggal kita ganti keterangannya bila perlu atau mungkin nominalnya bila kita membuat pengulangan biaya yang jumlahnya tidak sama setiap bulannya. Dan klik simpan dan tutup untuk menyimpan transaksi.

recurring accurate5

 

Jadi dengan fitur transaksi berulang ini akan membantu mengingatkan kita untuk membuat transaksi yang rutin terjadi setiap bulan dan memudahkan kita juga dalam membuat transaksi tersebut.

ACIS Indonesia adalah Authorized Sales Associate dari CPS Soft, developer ACCURATE Accounting Software. Konsultasi seputar masalah software akuntansi ACCURATE anda bersama kami untuk mendapatkan solusi yang terbaik dari Solution Expert kami. Call ACIS 021 29018652 / email info@acisindonesia.com

Informasi lengkap untuk Software Akuntansi ACCURATE langsung klik di ACCURATE Accounting Software

 

Tinggalkan Balasan