Transaksi konsinyasi sering kita temui di perusahaan dagang. Jadi perusahaan menitipkan barang ke dealer/outlet/agen, lalu dihitung berapa barang yang terjual di akhir bulan.

Di software akuntansi Indonesia ACCURATE, kita bisa melakukan transaksi konsinyasi ini dengan memanfaatkan fitur Multi Gudang yang ada di ACCURATE Accounting Software. Untuk mengaktifkan fitur Multi Gudang Anda bisa masuk dari menu Persiapan (Setup), Preferensi (Preference), Fitur (Feature), lalu centang pilihan “Multi Gudang (Multi Warehouse)”, lalu klik Ok.

konsinyasi1

Lalu input nama-nama dealer/outlet/agen kita itu sebagai gudang. Inputnya bisa dari menu daftar (list), Persediaan (Inventory), daftar gudang (Warehouse).

konsinyasi2

Klik tombol “New” untuk membuat nama gudang baru.

konsinyasi3

Lalu isikan nama Outlet Anda di kolom nama gudang. Isi informasi yang lain bila diperlukan. Lalu klik OK untuk menyimpan nama gudang tersebut.

konsinyasi4

Untuk transaksi pengiriman barang ke outlet, kita bisa gunakan menu Pindah Barang. Menu ini bisa dibuka dari menu Aktifitas (Activities), Barang dan Jasa (Items), Pindah Barang (Item Transfer).

konsinyasi5

Isikan nomor form atau nomor surat jalan pemindahan barang, tanggal pengiriman, pilih gudang asal barang di kolom “Transfer From”, pilih gudang tujuan barang di kolom “Transfer To”, isi keterangan bila perlu di kolom “Description”, dan terakhir pilih nama-nama barang yang akan dikirim ke gudang/outlet tersebut di kolom “Item”, dan isikan kuantitasnya di kolom “Qty”. Anda juga bisa memasukkan nomor seri barang yang dipindahkan itu di kolom SN (bila ada nomor seri). Lalu klik “Simpan & Tutup” untuk menyimpan transaksi.

konsinyasi6

Untuk memantau jumlah barang di setiap outlet Anda bisa lihat dari menu Daftar (List), Persediaan (Inventory), Barang per Gudang (Item by Warehouse).

konsinyasi7

Di sini kita bisa melihat jumlah barang yang ada di setiap outlet.

konsinyasi8

Untuk penginputan transaksi penjualan di setiap outlet, kita bisa input melalui Menu Faktur Penjualan (Sales Invoice). Jadi penjualan outlet selama satu bulan kita bisa input di faktur penjualan tersebut semua barang-barang yang terjual di outlet itu beserta harga jualnya, dan pilih nama outlet nya di kolom Gudang (Warehouse).

kosinyasi9

Untuk outputnya salah satu laporan yang bisa kita lihat adalah laporan penjualan per gudang yang bisa Anda modifikasi dari laporan rincian penjualan per barang.

konsinyasi10

ACIS Indonesia adalah Authorized Sales Associate dari CPS Soft, developer ACCURATE Accounting Software. Konsultasi seputar masalah software akuntansi ACCURATE anda bersama kami untuk mendapatkan solusi yang terbaik dari Solution Expert kami. Call ACIS 021 29018652 / email info@acisindonesia.com

Informasi lengkap untuk Software Akuntansi ACCURATE dan Download FREE trial ACCURATE langsung klik di ACCURATE Accounting Software

 

 

Tinggalkan Balasan