Dalam transaksi penjualan biasanya sering terjadi pembayaran uang muka sebelum barang kita kirim ke pelanggan. Bila kita menggunakan software akuntansi Indonesia EAS 3 Accounting penginputan tersebut bisa kita lakukan di menu Pesanan Penjualan (Sales Order).

Menu pesanan penjualan ini bisa kita buka dari tab “Jalan Pintas”, lalu klik menu Pesanan Penjualan.

UMeas-1

Pilih nama pelanggan, isi nomor pesanan, tanggal pesanan, nomor PO customer (bila ada), nama salesman (bila ada), tgl kirim dan informasi lain yang ada di bagian header. Lalu di tabel item pilih nama-nama barang yang akan kita jual, qty, harga satuan, diskon dan pajak (bila ada).

UMeas-2

Di bagian bawah di kolom Uang Muka isikan jumlah uang muka yang harus dibayar pelanggan, isi nomor cek/giro (bila ada), tanggal cek/giro atau bisa diisi tgl transfer. Pilih akun kas/bank tempat masuk uang muka penjualan tersebut, dan di paling bawah pilih akun uang muka penjualannya.

UMeas-3

Maka EAS 3 Accounting akan menjurnal otomatis uang muka tersebut sebagai berikut:

UMeas-4

Nanti saat invoice penjualannya sudah kita buat, maka uang muka yang sudah terjurnal akan balik ke posisi debet sebagai pengurang jumlah piutang kita ke pelanggan tersebut.

Cara seperti ini juga bisa dilakukan untuk proses pembelian. Untuk kasus pembelian, tempat mengisi nilai uang muka pembelian ada di menu pesanan pembelian.

ACIS Indonesia adalah Authorized Partner Of Mega Soft, developer Easy Accounting System (EAS 3). Konsultasi seputar masalah software akuntansi EAS anda bersama kami untuk mendapatkan solusi yang terbaik dari Solution Expert kami. Call ACIS 021 29018652 / email info@acisindonesia.com

Informasi lengkap untuk Software Akuntansi EAS 3 dan Download FREE trial Easy Accounting System langsung klik di Software Akuntansi EAS

 

 

Tinggalkan Balasan