Di software akuntansi EAS 3 Accounting, ada satu menu untuk membuat anggaran semua akun yang kita miliki, dan kita bisa mengunci anggaran tersebut dalam arti bila kita melakukan penginputan transaksi dengan jumlah melebihi yang telah dianggarkan, maka akan muncul error dan kita tidak bisa menyimpan transaksi tersebut. Jadi kita bisa menjaga agar saldo semua akun yang telah dianggarkan dalam satu periode tidak dapat melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

Caranya adalah pertama kita buka software EAS 3 Accounting lalu masuk ke menu Buku Besar, Anggaran Akun.

lockbudget1

 

Di daftar anggaran akun, untuk membuat anggaran di setiap akun yang hendak kita anggarkan, klik tombol Baru di pojok kiri bawah.

Lockbudget2

 

Lalu kita pilih akun yang akan kita buat anggarannya, dan input tahun dengan 2 digit belakang tahun. Di kolom Periode 1 sampai 12, isikan anggaran akun tersebut di bulan 1 (Januari) sampai bulan 12 (Desember).

Lockbudget3

 

Lalu klik Simpan dan Tutup. Lakukan cara yang sama untuk menginput anggaran akun yang lainnya.

Setelah membuat anggaran di setiap akun, selanjutnya untuk penginputan transaksi kita bisa gunakan menu-menu yang tersedia di software akuntansi EAS 3 Accounting. Bila kita menginput transaksi akun yang telah dianggarkan tersebut dengan nilai melebihi jumlah yang telah dianggarkan, maka akan muncul Error.

Lockbudget4

 

Tertarik untuk info lebih lanjut mengenai produk software akuntansi Indonesia Easy Accounting System (EAS 3)? Silahkan langsung hubungi Solution Expert kami di ACIS Indonesia via email di info@acisindonesia.com / telp : 021 – 290 18652

1 Komentar

Tinggalkan Balasan