Bagi pengguna software akuntansi ACCURATE, ada cara mudah bila kita ingin membuat database baru dengan master data sama seperti database lama yang biasa kita buka. Jadi kita tidak perlu membuat database dengan impor semua data awal di excel atau input satu persatu. Caranya adalah dengan menggunakan menu “Buat Data Cabang Baru (Create New Branch)”.

Untuk membuat database cabang baru ini pertama kita buka database ACCURATE lama yang kita miliki. Lalu masuk ke menu File (Berkas), Create New Branch (Buat data cabang baru).

Newbranch1

Lalu kita ketik nama data cabang baru yang akan kita buat, dengan extention .GDB . Di bawahnya ada pilihan untuk mengimpor nama pelanggan dan nama pemasok di data lama yang sedang dibuka, bila kita ingin memasukkan semua nama pelanggan dan pemasok sesuai data lama maka kita centang optional data “Import Customer” dan “Import Vendors”.

Newbranch2

Lalu kita klik tombol Create, dan tunggu sampai proses pembuatan databasenya selesai.

Newbranch3

Setelah prosesnya selesai, akan muncul konfirmasi tentang letak database baru yang sudah selesai kita buat.

Newbranch4

Jadi database cabang baru yang kita buat tersebut ada di server dan folder yang sama dengan database lama yang sedang kita buka, yang membedakan hanya nama databasenya saja. Jadi bila kita hendak membuka database baru tersebut, caranya sama seperti membuka database lama yang biasa kita buka, yang membedakan hanya nama file GDB nya, jadi di kolom nama file yang kita ubah nama file GDB nya saja dengan nama GDB database cabang baru yang tadi dibuat.

Newbranch5

Database cabang baru tersebut akan memiliki master data Chart of Account, daftar pelanggan, daftar pemasok dan daftar barang sama persis seperti yang ada di database lama yang biasa kita buka, begitu juga dengan design template dan laporan tersimpan semua sama dengan database lama, yang berbeda hanya di database cabang baru tersebut tidak ada transaksi dan semua saldonya nol.

ACIS Indonesia adalah Authorized Sales Associate dari CPS Soft, developer ACCURATE Accounting Software. Konsultasi seputar masalah software akuntansi ACCURATE anda bersama kami untuk mendapatkan solusi yang terbaik dari Solution Expert kami. Call ACIS 021 29018652 / email info@acisindonesia.com

Informasi lengkap untuk Software Akuntansi ACCURATE dan Download FREE trial ACCURATE langsung klik di ACCURATE Accounting Software

 

Tinggalkan Balasan